oleh

Inilah Kelebihan dan Khasiat Beras Merah Paman Birin

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET– Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayu Tangi, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai cara tersendiri dalam hal ini membantu masyarakat Desa Paramasan Bawah, Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar, untuk mengembangkan dan memasarkan potensi beras merah keramat Paman Birin (PB).

Apalagi, beras merah keramat PB ini memiliki keunggulan dari segi manfaat bagi kesehatan dan juga masuk dalam kriteria kualitas beras yg baik. Mengapa? Karena memiliki tingkat kadar karbohidrat dan gula lebihrendah dibanding beras biasa pada umumnya berdaarkan uji laboratorium yang sudah dilakukan, ukuran berasnya lebih kecil dari pada beras merah pada umumnya.

Apa saja keunikannya?Beras merah keramat PB itu ternyata dalam pengembangannya  pembukaan lahan masih menggunakan cara tradisional, sehingga lebih terjamin kearifan lokal dalam pengelolaannya. Tidak memakai pupuk kimia dan pestisida, hal ini yang menjadi salah satu keunggulan beras merah keramat PB sehingga layak dikonsumsi karena masih sehat dan alami.

Ditanam didaerah berbukit-bukit atau dataran tinggi, lebih dikenal dengan istilah beras gunung, sehingga memiliki aroma yang khas. Proses pemanenan masih menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan alat tradisional (ani-ani) yang memerlukan waktu sedikit lebih lama. Dalam proses penanaman sampai panen ada dilaksanakan prosesi adat dengan istilah “Baaruh” yang mana prosesi ini bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta atas nikmat yang diberikanNya dalam memberikan keberkahan baik sebelum menanam sampai memanen padi

Kemudian ada manfaat lagi dengan mengkonsumsi beras merah. Ialah, cocok untuk yang sedang menjalankan program diet, membantu mengatasi gangguan batu ginjal, melancarkan aliran darah (memperbaiki kerusakan sel), rendah kadar gula, antioksidan, membantu mengobati stroke.

Mengandung lebih banyak magnesium yang dapat menjaga kesehatan jantung, kaya akan fiber asam lemak yang membuat lebih kenyang dan tidak mudah lapar, membantu memelihara ketahanan tubuh, meningkatkan jumlah ASI, memiliki kandungan polifenol, mampu membantu meluruhkan lemak yang tersumbat pada saluran jantung.

Dengan banyaknya khasiat beras ini tentu bermanfaat menjaga kesehatan sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalam dan sekitar hutan. Lantas, kemana bisa order bila ingin beras merah keramat PB? KPH Kayu Tangi menyediakan layanan kontak yakni, melalui  Siti081253956385 dan Siwi081348134833. “Stok terbatas, Ayo hubungi kami sebelum kehabisan,” kata Siti. (dishutkalsel)

Komentar

Berita Terkini