Baznas

Ini Fakta Kesulitan Honorer Dinas Pendidikan Banjarbaru Menerima Insentif

  • Bagikan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Penerima insentif di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru melingkupi guru honorer dan tenaga teknis (bukan PNS ) pada satuan pendidikan, telah dilaksanakan per-tiga bulan sekali (triwulan).

Jumlah insentif yang diterima berbeda-beda,  antara tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, menyesuaikan anggaran yang tersedia pada Pemerintah Kota Banjarbaru. Mengingat anggaran untuk insentif tersebut berada di APBD Pemerintah Kota Banjarbaru yang dituangkan ke dalam anggaran Dinas Pendidikan.

Untuk petunjuk teknis dalam penyaluran dan besaran honor serta syarat adminstrasi bagi penerima insentif masih diatur, karenakan belum adanya aturan resmi dari pemerintah sebagai dasar hukum pelaksanaan.

Semua masih diatur Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru yang sudah diedarkan kepada semua sekolah negeri dan swasta pada lingkungan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru.  Masih banyak pendidik atau tenaga kependidikan merasa keberatan dengan syarat adminsitrasi yang diberlakukan sesuai dengan aturan dari Dinas Pendidikan.

Antara lain, mereka harus terdaftar pada aplikasi Dapodik untuk sekolah-sekolah yang berada di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Simpatika untuk Madrasah Ibtidayah dan Tsanawiah dan juga emis bagi Madrasah Diniyah, termasuk untuk Pondok Pesantren.

Selain itu yang menjadi parameter pula, masa kerja, karena sesuai edaran yang dibagikan, mereka yang menerima insentif harus mempunyai masa kerja minimal 2 tahun tanpa terputus pada satuan pendidikan yang sama.

Sedangkan untuk mereka yang berpindah harus memiliki masa kerja maksimal 2 (dua) tahun 6 (enam) bulan.

Penerima insentif tersebut akan diseleksi melalui masa kerja yang paling lama dari semua satuan pendidikan sesuai dengan keperluan sekolah dan anggaran yang sudah di sediakan Pemerintah Daerah sesuai dengan kuota yang ada, di mana tak memungkinkan untuk melakukan pembayaran bagi semua guru honorer ataupun tenaga pendidik yang ada.(*)

Penulis                                   : Muhammad Roby Sabran

Lembaga                                : Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru

10 Besar Lomba Penulisan yang Diselenggarakan Koran Banjar dengan dukungan Pemko Banjarbaru 27-28 Maret 2018.

  • Bagikan