oleh

Ingin Olahraga Berkualitas, Dispora Kalsel Kumpulkan Pengurus Cabor

Sekitar 56 perwakilan pengurus cabang olahraga (cabor) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Selatan mengikuti pembinaan manajemen organisasi olahraga di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Senin (28/9/2020).

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Pembinaan yang digelar dari 28-30 September 2020 itu dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel sebagai upaya mewujudkan organisasi olahraga berkualitas.

“Kita memang ingin cabang-cabang olahraga ini semakin berkualitas. Kemudian mereka juga bisa menghasilkan atlet-atlet terbaik. Tentu ini perlu dilakukan manajemen pembinaan,” ujar Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah, kepada koranbanjar.net, Senin, kemarin.

Manajemen yang harus dilakukan, menurut dia, di antaranya mulai dari sistem pelatihan, mengorganisasikan sebuah organisasi olahraga, sistem penganggaran serta pertanggungjawabannya.

“Ini harus dilakukan karena mereka ini juga mendapat bantuan, kadang dari pemerintah dan lainnya, dan tentu harus dilakukan pembinaan supaya akuntabilitas mereka sebagai cabang olahraga bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Kalsel Menuju Tuan Rumah PON 2028

Selain itu, kegiatan tersebut sebagai bentuk komunikasi antara penurus cabor dengan Dispora menuju rencana Kalsel ingin menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028.

“Tentu ini kita sambut dengan baik dan harus kita kumpulkan kawan-kawan seluruh cabang olahraga untuk menyamakan persepsi. Nanti kita tindak lanjuti di forum diskusi. Sehingga apa yang kita inginkan bisa bersinergi dan berkolaborasi agar bisa mencapai tujuan yang kita harapkan. Artinya kita sama-sama semangat bagaimana olahraga di Kalsel maju,” paparnya.

Dikatakan, Dispora Kalsel saat ini telah memperbaiki dan menyiapkan fasilitas sport centre atau pusat olaharaga, serta sarana dan prasarana olahraga. “Persiapan itu yang kita harapkan dengan pertemuan hari ini, dan saat kita mencoba mencalonkan diri menjadi tuan rumah, tidak ada masalah lagi,” bebernya.

Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, M Fitri Hernadi menambahkan, pemerintah berupaya agar pembinaan olahraga di Kalsel memiliki pola. Dalam mencapai upaya itu, dibutuhkan organisasi olahraga yang solid dan punya visi.

“Sehingga tujuan kita agar Kalsel unggul, dan berprestasi dalam cabang olahraga dapat tercapai. Salah satu yang ingin kita capai, kita akan mencoba berjuang mendapatkan posisi tuan rumah PON di 2028,” ucapnya. (ags/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: