Baznas

Ingin Ikut Ziarah Kubro Pertama di Banjarmasin? Ini Info Pendaftarannya

  • Bagikan

MARABAHAN, koranbanjar.net – Jika pada umumnya peringatan hari besar Islam seperti Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW dirayakan dengan tabligh atau semacamnya, maka pada tahun ini di Banjarmasin peringatan hari mulia bagi umat muslim ini akan dilaksanakan dengan nuansa berbeda.

Peringatan Isra Mi’raj yang diketuai oleh Habib Fathurrachman Bahasyim yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 14 April 2018 di Banjarmasin ini melakukan ziarah ke makam-makam para wali yang ada di Banjarmasin atau yang biasanya disebut dengan ziarah kubro.

Bukan hanya itu, menariknya ziarah kubro ini nantinya akan dilaksanakan dengan memadukan wisata susur sungai di Banjarmasin.

Menurut Habib Fathurrachman Bahasyim, alasan utama mengadakan acara ziarah kubro dalam rangka Isra Mi’raj ini adalah dikarenakan pada umumnya makam para wali ataupun makam para pemuka agama bahkan Kesultanan Banjar yang ada di Banjarmasin rata-rata berada di pinggir sungai.

Habib Fathurrachman Bahasyim mengatakan, hal ini wajar mengingat pada zaman awal terbentuknya Kota Banjarmasin, aliran Sungai Martapura beserta anak-anak sungainya menjadi poros utama jalur transportasi di Banjarmasin.

Kondisi seperti itulah yang menurut Habib Fathurrachman Bahasyim yang membuat tujuan persinggahan para habib maupun ulama sebagai penyebar agama islam di Banjarmasin adalah daerah pesisir sungai di Banjarmasin hingga mereka bermukim dan dimakamkan di sana.

Menurut Habib Fathurrachman Bahasyim yang merupakan buyut dari Habib Basirih ini, acara ziarah kubro susur sungai ini pertama kali diadakan di Kota Banjarmasin bahkan di Indonesia.

Habib Fathurrachman Bahasyim menceritakan, acara ziarah kubro susur sungai ini nantinya juga dimeriahkan dengan penampilan grup hadrah di atas kelotok dan pembacaan syair-syair shalawat selama perjalanan.

Yang lebih istimewa lagi, dikatakan habib, para sultan dari kerajaan nusantara siap untuk menghadiri dan memeriahkan ziarah kubro ini.

Informasi dihimpun, acara ziarah kubro dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini menyediakan lebih dari 50 kelotok hias.

Dengan begitu, maka dapat dipastikan acara ini nantinya bakal berlangsung dengan meriah.

Bahkan, sebelum acara diumumkan secara resmi pun, sudah ada lebih dari 100 orang jamaah yang memastikan diri ikut dalam ziarah kubro tersebut.

Habib Fathurrachman Bahasyim pun menghimbau bagi jamaah yang ingin mengikuti ziarah kubro susur sungai ini, karena jumlah jamaah dibatasi sampai 1000 jamaah, maka bagi jamaah yang ingin mengikuti ziarah kubro susur sungai agar segera mendaftarkan diri ke pihak pelaksana acara melalui Whatsap ke nomor 0811 5000 50 atas nama Zuraida atau menghubungi Sari melalui nomor 0823 5448 8317 dan membayar biaya pendaftaran senilai 40.000 rupiah per orang. (leo/dny/kie)

  • Bagikan