oleh

India Tawarkan Kerjasama Kabupaten Banjar Terkait Pengolahan Intan

MARTAPURA, koranbanjar.net – Kedutaan Besar (Kedubes) India untuk Indonesia mengunjungi Kabupaten Banjar terkait rencana kerjasama Pemerintah India dengan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Mengingat Kota Martapura yang dijuluki dengan Kota Intan dan Kabupaten Banjar sendiri memiliki pertokoan batu permata, terbesar di Asia Tenggara yaitu Pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura.

Terkait hal itu, Kedubes India untuk Indonesia berkunjung ke Rumah Dinas Bupati Banjar untuk membicarakan rencana kerjasama dengan Kabupaten Banjar, salah satunya tentang kerjasama pengolahan intan dan pengembangan skill dan sumber daya manusia.

Bupati Banjar berharap dengan adanya pertemuan ini kerjasama yang baik, untuk saling bertukar informasi ataupun kerjasama lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar.

“Kedatangan Kedubes India ini untuk merencanakan kerjasama salah satunya di bidang pengolahan intan. Yang mana kita tahu Kota Martapura dikenal dengan Kota Intan dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara,” ucap Bupati Banjar, Sabtu (14/3/2020).

Pradeep Kumnar Rawat, selaku Duta Besar India untuk Indonesia, menjelaskan tujuan keadatangannya ke Kabupaten Banjar tak lain ialah untuk mengetahui lebih banyak tentang Kabupaten Banjar dan juga untuk melihat potensi apa saja yang ada di Martapura yang bisa dikembangkan.

“Kami pun menawarkan rencana kerjasama dalam bentuk perekonomian dan perdagangan terutama di bidang budaya dan hasil sumber daya alam Kabupaten Banjar. Karena secara geografis struktur tanah maupun cuaca di Kabupaten Banjar sangat mirip dengan India,” ujar Kedubes India.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra mengatakan, mengenai rencana kerjasama akan dikaji dulu sejauh mana akan berjalan.

“Mereka (Kedubes India) menawarkan tentang kerjasama training program, diharapkan para ASN ataupun profesional bisa mengikuti kursus untuk meningkatkan skill mereka, sehingga untuk Kabupaten Banjar akan lebih baik dengan kerjasama yang ditawarkan,” ujarnya.

Kepala Bappedalitbang Galuh Tantri Narindra mengatakan, pemerintah daerah sejauh ini akan mengkaji sejauh mana kerjasama ini akan berjalan.

“Dengan usulan Dubes India tentang kerjasama training program, diharapkan para ASN ataupun professional bisa mengikuti kursus untuk meningkatkan skill mereka, sehingga untuk Kabupaten Banjar akan lebih baik dengan kerjasama yang ditawarkan,” tutupnya. (har/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan