HUT Proklamasi 17 Mei, Digelar Jejak Juang Hingga Pengibaran Merah Putih Raksasa

Pelepasan peserta Jejak Juang dalam rangka peringatan HUT ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Jumat (17/5/2024). (Sumber foto: Kominfo HSS/koranbanjar.net)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar berbagai kegiatan, dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net – Mulai dari upacara di Monumen Proklamasi 17 Mei, Mandapai, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung.

Upacara cukup meriah, seluruh peserta mengenakan kostum bertema perjuangan.

Lalu, digelar kegiatan Jejak Juang 17 Mei 1949, yakni berjalan kaki dari Tugu Perjuangan di Kecamatan Telaga Langsat, menuju Rumah Perjuangan di Desa Durian Rabung, sampai ke Monumen Proklamasi 17 Mei Mandapai, Desa Batu Bini.

Kemudian akan dilakukan pengibaran bendera merah putih raksasa di Tebing Gunung Batu Bini, oleh Vertical Rescue Indonesia. Serta, pawai obor di Kota Kandangan.

Pj Bupati HSS Hermansyah mengaku kagum, dengan banyaknya peserta yang ikut memeriahkan kegiatan.

“Pesertanya luar biasa, ribuan orang datang, kita kemas dengan napak tilas juang, pengibaran bendera merah putih di tebing, nantinya ada pawai obor,” terangnya.

Momentum peringatan sejarah tersebut, Pj Bupati Hermansyah berharap, generasi muda saat ini bisa mewarisi nilai juang oleh para pendiri bangsa.

“Para pahlawan telah berjuang meneteskan keringat, air mata, bahkan nyawa untuk kemerdekaan negara Indonesia. Kita bersaksi, bahwa Kalimantan bagian dari NKRI sebagaimana dicetuskan para pendiri bangsa,” tutur Hermansyah.

(dvh/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *