oleh

Hujan Diprediksi Sampai Akhir Juni, Ini Titik Rawan Bencana di HSS

KANDANGAN, KORANBANJAR.NET – Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan PB Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Efran, mengungkapkan ada beberapa titik berpotensi terjadinya bencana di kecamatan Padang Batung, HSS, Kamis (13/6/2019).

Ini karena kerapnya hujan belakangan ini. Sehingga Erfan mengimbau seluruh masyarakat tanpa kecuali agar meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir terjadinya korban harta dan nyawa, apabila terjadi suatu bencana.

“Hasil dari pantauan dan monitor kita di lapangan, potensi bencana ada beberapa titik di wilayah kecamatan Padang Batung tepatnya di desa Batu Laki,” tuturnya kepada koranbanjar.net, Jumat (14/6/2019).

Ia menuturkan, ada beberapa jalan yang terdampak. Itu terhat adanya penurunan permukaan tanah di jalan.

“Di titik jalan tersebut saya mengimbau, angkutan berat tidak melewati jalan tersebut dan jika tidak ada alternatif lain agar berhati-hati dan jangan membawa angkutan yang berlebihan,” jelasnya.

Terkait hujan yang hampir tiap hari ini ia menuturkan, cuaca seperti ini sesuai perkiraan BMKG akan berlangsung hingga akhir Juni ini.

Posko kesiapsiagaan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah pun telah disiap-siagakan selama 24 jam. “Silahkan jika ada informasi situasi yang memungkinkan ataupun yang sudah terjadi bencana, segera laporkan ke kami dan akan ditindaklanjuti,” tambahnya.

Kemudian, Erfan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat serta pemerintah kecamatan dan desa yang daerah rawan bencana, untuk siaga mengerahkan segenap lapisan masyarakat yang ada.

“Jalin kerjasama komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak. Apakah itu melalui menghidupkan siskamling ataupun senantiasa memonitor perkembangan terkait kebencanaan melalui media sosial,” paparnya.

Ia mengungkapkan dalam beberapa tahun terakhir, tidak terjadi banjir yang menimbulkan korban, meskipun itu ada luapan air sungai yang sifatnya sementara sehingga kewaspadaan harus senantiasa dilakukan. (yat/dra)

Komentar

Berita Terkini