oleh

Helikopter untuk Membantu Pemadaman Karhutla Telah Tiba

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya bantuan helikopter untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tiba sejak hari Minggu (26/08) kemarin. Dan kini telah mulai beroperasi.

Helikopter berjenis MI.8 bernomor registrasi EY – 222 ini telah tiba dan siap beroperasi di Banjarbaru, dan saat ini helikopter telah diparkir di Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjarbaru.

Pada saat koranbanjar.net melakukan peninjauangan di lapangan, heli tersebut sedang dilakukan pemeriksaan oleh 3 orang warga negara asing, salah satunya adalah Stas yang berasal dari Russia.

Dia merupakan seorang mechanic engineer yang telah expert (ahli) dalam hal mesin helikopter. Dalam tugasnya, setiap heli selesai beroperasi dia dan 2 orang teknisi langsung dengan cekatan memeriksa dan mempersiapkan untuk mengkondisikan heli agar siap untuk melakukan penerbangan berikutnya.

Menurut informasi yang koranbanjar.net dapatkan, heli tersebut dalam satu hari akan melakukan 2 kali sesi penerbangan. Target pemadaman sendiri difokuskan ke Guntung Damar kemudian daerah lain akan menyusul.

“Saya sudah 3 hari disini, dan cuacanya tidak berbeda jauh dengan Russia. Walaupun di negara saya (Russia) ada 4 musim, tapi pada waktu musim panas cuacanya seperti disini sekarang,” ujar Stas.

Mr. Stas juga mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada kendala yang berarti hanya beberapa faktor kecil yang tidak terlalu mengganggu dalam melaksanakan pemadaman api di Banjarbaru.(ren/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: