oleh

Haul KH Mahfudz Amin Dihadiri Jamaah dari Berbagai Daerah

BARABAI, KORANBANJAR.NET – Ribuan Jamaah Hadiri Haul KH. Mahfudz Amin yang ke-24, Minggu (02/09), jamaah terlihat mulai memadati lingkungan Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih sejak pukul 08.00 WITA untuk mengikuti acara Haul Akbar pendiri sekaligus pengasuh Ponpes Ibnul Amin Pamangkih yang pertama ini.

Turut hadir para habaib, ulama serta umara dan tidak ketinggalan Plt. Bupati HST bahkan para politisi nasional maupun daerah serta para alumni yang berdatangan dari seluruh penjuru daerah baik Kalimantan maupun Jawa dan bahkan daerah Sumatera.

Ustadz H. Barmawi, wakil abah pengasuh KH. Mukhtar menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan haul muassis yang 24 tahun ini.

“Haul KH. Mahdudz Amin merupakan ajang silaturrahmi sekaligus mengenang jasa jasa beliau sebagai panutan dalam kehidupan bermasyarakat, mengingat dari ilmu yang diwariskan beliau lah banyak para alumni yang berkiprah dalam menyebarkan ajaran Islam baik di daerah maupun yang bertempat tinggal di parantauan”, ujarnya.

Plt. Bupati H Chairansyah mengatakan KH. Mahfudz Amin adalah tokoh ulama pamangkih sekaligus tokoh yang mengharumkan Bumi Murakata pembawa risalah kenabian sebagai penegak agama serta nilai-nilai pemikiran yang Islami.

“Mengutip manakib dari KH.Mahfudz Amin, sarat dengan ketaladanan, kasih sayang, serta perjuangan tenaga dan pemikiran dan sikap tidak cinta dengan dunia serta mengenang usaha beliau dalam mendirikan sebuah lembaga pendidikan agama yang efektif sebagai upaya mencerdaskan ummat, khususnya generasi penerus,” katanya.

Dikatakannya juga peninggalan KH. Mahfudz Amin sangat banyak mencetak para generasi penerus yang menyebarkan dan mengharumkan nama baik Ponpes khususnya mencetak para ulama untuk membangun bumi muraka yang agamis, serta menyebarkan pendidikan agama di luar daerah.

“Mari untuk bersama-sama meneladani apa yang diperjuangkan dan dicita-citakan beliau menyebarkan ajaran Islam dalam hidup bermasyarakat serta menjalankan roda pemerintahan,” pesannya.

Rangkaian acara juga diisi dengan Mauizatil Hasanah yang disampaikan oleh Habib Abu Bakar Mauladdawilah dari Malang, Jawa Timur. Diantara kandungan ceramahnya menyampaikan keberkahan ada pada diri orang orang shaleh karena ke ilmuan mereka bersambung kepada Rasulullah SAW.

“Mari kita pelihara memelihara paham ahlus sunnah wal jamaah karena akan menyelamatkan diri kita dunia maupun akhirat kelak. Apapun profesiny baik itu pejabat, politisi, pengusaha, petani dan lainnya silakan tapi harus menganut ahlus sunnah wal jamaah,” tegasnya.

Dikatakannya juga orang yang menuntut ilmu di jalan Allah pasti rezekinya di jamin oleh Allah. “Dan jangan sekali-kali menghina maupun mencaci para Aulia Allah nanti hidup tidak akan berkah, serta ponpes merupakan salah satu aset negara yang paling berharga,” ujarnya.

Jamaah asal Kotawiringin Timur, Kalimantan Tengah bernama Marhan mengatakan kalau setiap tahun ia selalu menghadiri haul KH. Mahfudz Amin.

“Saya setiap tahunnya pasti berangkat ke sini, ke sini pastinya akan bertemu kawan lama, kawan seperjuangan waktu mondok di sini. Saya jauh-jauh rela pergi kesini demi menghadiri haul muassis ini,” tuturnya.(ami/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: