Baznas

Haul KH Herman Hasyim Didahului dengan Nasyid

  • Bagikan

PENGARON – Masih serangkaian dengan acara Haul Akbar KH Herman Hasyim di Desa Pengaron Kabupaten Banjar, remaja masjid setempat mengadakan acara nasyid, diawali dengan pembacaan surah Yasin dan dalail khoirot  di Kubah KH. Herman Hasyim, yang dipimpin Habib Gasyim, pada Minggu malam (30/12).

Acara nasyid di kubah  setiap malam menjelang haul akbar KH. Herman Hasyim sudah berlangsung sejak lama. Setiap tahun, jemaah semaij banyak yang datang mengikuti acara haul.

“Acara pada malam ini makin bertambah jamaahnya, kira-kira mencapai dua ratus lebih, karena ada pula yang datang dari Kecamatan Sungai Pinang,” tutur Habib Ghasyim.

Grup nasyid yang didirikan remaja masjid Desa Pengaron sudah berjalan selama tiga tahun lebih.

“Nasyid kalau dalam bahasa Indonesia itu artinnya adalah syair, biasanya syair di-iringi dengan  terbang (alat musik pukul seperti gendang, red), namun kalau nasyid diiringi  dengan zikir,” ungkap Habib.

Nasyid ini, imbuh seorang jamaah Ustad Bahrul,  adalah bentuk dari syair dan zikir.

 “Nasyid adalah bentuk puji-pujian kepada baginda Nabi Muhammad, acara nasyid ini adalah acara yang sangat positif, dan menghindarkan kita dari aliran-aliran yang sesat,” tutur Ustad Bahrul. (sen)

  • Bagikan