Haul ke-212, Paman Birin Serukan Jamaah Meneladani  Sosok Datu Kelampayan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET  – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengajak kepada para jemaah haul untuk meneladani sosok Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary. Seruan itu ia sampaikan saat memberikan sambutan di acara Haul ke 212 di Masjid Tuhfaturoghibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Rabu (20/6) pagi.

“Keteladanan dalam menuntut ilmu mengamalkan ilmu agama, dan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga tercipta kedamaian, dan keteguhan persatuan dan kesatuan,” ujar gubernur yang kerap disapa Paman Birin ini.

Sosok Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang dikenal dengan nama Datu Kelampayan, ungkapnya, merupakan ulama besar yang dianugerahkan Allah SWT untuk Kalimantan Selatan. Beliau tidak hanya menjadi panutan bagi masyarakat Kalsel, tapi juga bagi masyarakat lainnya di Nusantara bahkan hingga negeri tetangga.

Melalui kitab-kitab yang Beliau tuliskan, menjadi rujukan dari masa ke masa, dari generasi ke generasi. Salah satunya adalah Kitab Sabilal Muhtadin yang kini namanya diabadikan menjadi nama Masjid Raya di Kota Banjarmasin  kebanggaan Urng Banua.

“Melalui karya-karya Beliau yang dituliskan, salah satunya adalah Kitab Sabilal Muhtadin, menjadi rujukan bagi masyarakat muslim, tidak hanya di daerah kita, tetapi juga hingga manca negara” ujar Paman Birin.

Meski hujan turun sejak pagi hari hingga selesai acara, namun tidak menyurutkan niat para jemaah menuju lokasi tempat kegiatan haulan.

Haulan ini dihadiri Para Habaib, Alim Ulama, Sejumlah pejabat, Seperti Anggota DPR RI, Jajaran Forkopimda Prov Kalsel, Sekretaris Daerah Prov Kalsel, H Abdul Haris, MSi, Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, dan Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansur, Bupati Tanah Bumbu, Walikota Ibnu Sina Mardani H Maming, Bupati HSU, H Abdul Wahid, Penjabat Bupati Tapin, Gusti Syahyar, serta Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel. (hmsprov/dra)