oleh

Haul Ke-15 Abah Guru Sekumpul Pecahkan Rekor Dengan Jamaah Terbanyak

MARTAPURA, koranbanjar.net – Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul yang diselenggarakan selama dua hari, memecahkan rekor dengan jumlah jamaah terbanyak. Seperti yang diketahui, saat acara puncak Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul atau Guru Zaini bin Abdul Ghani, jutaan jamaah dari berbagai daerah bahkan luar negeri berhadir.

Dalam hal ini, Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid), Paulus Pangka mengatakan, pihaknya telah lama memantau haul Guru Sekumpul beberapa tahun terakhir, hingga tahun ke-15 ini.

“Acara sangat luar biasa, kami memantau acara ini terus berkembang, dari jamaahnya ratusan ribu, puluhan ribu hingga jutaan berasal dari nusantara hingga mancanegara berhadir dalam haul tersebut,” terangnya kepada koranbanjar.net, Selasa (3/3/2020).

Ia juga menambahkan, acara ini sungguh mulia, karena warga Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya Kabupaten Banjar, baik itu dari pemerintah maupun elemen masyarakat, bersama-sama secara sukarela menyambut para jamaah yang hadir dalam haul ini.

“Seperti di Jalan A Yani, para relawan memberikan bensin secara gratis, tambal ban gratis, memberikan snack, makanan dan minuman secara cuma-cuma, ada juga menyediakan tempat penginapan gratis dan lain sebagainya kepada para jamaah haul. Hal seperti ini baru saya lihat dan saya temukan, acara seperti dapat menjadi contoh untuk kota lain,” jelas Paulus.

Setelah melihat secara langsung acara haul ke-15 ulama kharismatik di Kota Martapura ini, Leprid pun memberikan apresiasi dengan mencatat sebagai rekor Indonesia dalam bidang kerohanian.

“Ini adalah wisata religi yang terbesar di Asia Tenggara dan dihadiri oleh kurang lebih 2 juta jamaah, oleh karena itu penghargaan ini kami catat pada rekor nomor urut ke-570 dengan kriteria superlative,” tutup Ketua Umum Leprid. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: