Baznas

Haul Habib Basirih Dibanjiri Jamaah hingga Ratusan Ribu

  • Bagikan

BANJARMASIN – Peringatan Haul ke 71 Almajdzub Billah Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim di Basirih, tahun ini diperkirakan telah diikuti 100 ribu jemaah yang datang dari berbagai penjuru daerah, Minggu (4/2) tadi.

Terbukti, jamaah yang datang membludak hingga ke jalan Ampera Teluk Tiram, begitu pula jamaah di Basirih Seberang. Dengan persiapan yang cukup matang, dan koordinasi dengan seluruh pihak terkait, pelaksanaan haul tahun ini bisa dibilang cukup sukses.

Pihak Pemerintah Kota Banjarmasin, Kepolisian, Polairud, Basarnas serta Ormas Gabungan di Kota Banjarmasin, semua bahu-membahu melaksanakan haul ini hingga sukses terlaksana.

Ketua Panitia Pelaksana Habib Fathur bin Idrus Bahasyim kepada koranbanjar.net mengungkapkan, acara ini tidak luput dari kerjasama panitia dan masyakarat serta pemerintah yang bahu membahu berpartisipasi dalam mendukung acara Haul Akbar.

“Tahun sebelumya kita tidak mendatangkan raja-raja dari dan luar negeri, pada haul kali ini  kita undang para sultan dari kerajaan Melayu dari dalam dan luar negeri,” ungkapnya.

Habib Fathur bin Idrus Bahasyim yang didampingi salah satu cucu Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, yaitu Bunda Syarifah Khadijah memberikan pesan- pesan, baik khususnya kepada masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya maupun masyarakat luar daerah umumnya.

“Ikhlaskan dalam melakukan sesuatu dan kejahatan harus  dibalas dengan kebaikan,” ungkapannya.

Dengan dukungan cuaca yang cerah, sehingga jamaah benar-benar khusyuk mengikuti hingga akhir acara. Tamu yang hadir, baik para Sultan dan Raja nusantara, habaib dalam dan luar Kalimantan, para alim ulama, semuanya tenggelam dalam kekhidmatan acara.

Acara dimulai dengan pembacaan Maulid Habsyi Simtudduror oleh Guru Kamaruddin dari Kelayan,  dilanjutkan  sambutan-sambutan, pembacaan manaqib Habib Hamid Bahasyim,  tausiah Habib Segaf Baharun dan Guru KH Zuhdiannoor, serta diakhiri tahlil dan doa oleh Habib Fitri Hamid bin Eidrus bin Hasan bin Hamid Bahasyim.

Di ujung wawancara, Habib Fathur bin Eidrus  mengucapkan  terima kasih kepada seluruh masyarakat, Pemerintah Kota Banjarmasin, Kepolisian, Ormas dan seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu, diiringi doa dan harapan semoga acara ini mendapat ridho Allah SWT dan bagi seluruh umat mendapatkan Syafaat dari Baginda Rasulullah Shalallahu alayhi wasallam.

Adapun tamu-tamu undangan yang berhadir, antara lain dari Kerajaan Kubu Idrusiah. Pontianak Kubu Raya, Sayyid Zulfi bin Ismail Al Idrus Sultan Satria Negara Kerajaan Kubu dan Permaisuri beserta rombongan.(leo)

  • Bagikan