oleh

Haul Datu Bagul, Panitia Siapkan 2.000 Porsi Makanan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Serangkaian dengan Haul Syekh Aminullah Atau yang lebih dikenal dengan sapaan Datu Bagul di Desa Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, panitia menyiapkan sedikitnya 2.000 porsi nasi samin untuk acara puncak, dan 270 porsi untuk malam ini. Konsumsi itu disiapkan untuk menjamu para jamaah haul yang berhadir.

Menurut keterangan Sekretaris Panitia Haul Datu Bagul, M Wildan , tahun ini panitia menyiapkan lebih banyak konsumsi ketimbang tahun sebelumnya. Hal itu di karenakan tahun ini jamaah yang hadir di prediksi jumlahnya akan meningkat. Hal itu terbukti dengan penambahan jumlah tenda oleh panitia untuk para jamaah.

“Tahun kemarin aja sudah sangat banyak yang hadir, diperkirakan tahun ini akan lebih banyak lagi. Karena itu kita menyiapkan Lebih banyak untuk konsumsi, peningkatannya sekitar 30% dari tahun kemarin, bahkan untuk tenda tahun ini kita menambah sebanyak 50%,” katanya.

Mengingat akan banyaknya jamaah haul yang berhadir, pihak panitia juga menyediakan posko kesehatan yang akan diisi dari Puskesmas Martapura Timur.

“Kita menyiapkan posko kesehatan, sementara untuk keamanan kita berkoordinasi dengan polsek Martapura Timur,” tambahnya

Diketahui acara puncak Haul Syekj Aminullah atau Datu Bagul akan dilaksanakan Sabtu (01/09) pagi di Makam Syekh Aminullah Desa Keramat Baru.

Kegiatan haul dilaksanakan selama dua hari yakni Jum’at malam dan Sabtu pagi. Untuk itu persiapan pun bukan hanya dari konsumsi tapi juga bersih-bersih dan menghias makam.

Makam Syekh Aminullah sendiri sering diziarahi oleh masyarakat Kabupaten Banjar, bahkan ada juga yang dari luar Kalimantan Selatan

“Untuk jumlah penziarah dalam setiap harinya tidak pasti, namun di hari-hari tertentu jumlah penziarah yang datang bisa hampir 1.000 orang,” ujar Penjaga Makam, Samad.(sai/sir).

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: