Hati-Hati! Penyalahgunaan Obat-Obatan Bisa Menimbulkan Penyakit Kejiwaan

oleh -77 views
Hati-Hati! Penyalahgunaan Obat-Obatan Bisa Menimbulkan Penyakit Kejiwaan
Penyakit kejiwaan bisa disebabkan penyalah gunaan obat-obatan. (Foto: repro/koranbanjar.net)

KELUA, koranbanjar.net – Kunjungan spesialis psikiater di Puskesmas Kelua Kabupaten Tabalong, ternyata setiap bulannya mengalami peningkatan pasien kejiwaan dan gangguan penyakit Skizofrenia—paling banyak di wilayah selatan Tabalong.

“Di sini yang paling banyak menangani skizofrenia, itu semacam gangguan jiwa yang sudah berat, misalnya sering mengamuk, dan pasien epilepsi atau ayan itu juga banyak,” ujar Sa’adatul Jannah, Petugas Kesehatan Jiwa.

Sebagian dari pasien kejiwaan selain skizofrenia dan epilepsi ada juga depresi atau kecemasan.

“Rata-rata kunjungan pasien di sini berumur dari 20 hingga 40 tahun itu yang paling banyak ditangani,” katanya, Selasa (10/9/2019).

Bulan ini pasien kejiwaan mengalami peningkatan yaitu sebanyak 97 kunjungan, sedangkan bulan lalu hanya 88 kunjungan.

“Penanganan di sini yang pertama kita beri konsultasi dulu kepada dokter spesialisnya, dan kita beri terapi obat-obatan, kemudian nanti dijadwalkan lagi untuk kunjungan selanjutnya kita periksa lagi untuk melihat perkembangannya,” katanya.

Berdasarkan dari data kunjungan pasien kejiwaan, banyak yang terkena penyakit skizofrenia yang berawal dari penyalahgunaan penggunaan obat-obatan.

“Ada juga yang faktor keturunan tapi mungkin hanya beberapa persen saja, tapi yang paling banyak penyebabnya itu adalah penyalahgunaan obat-obatan,” papar dia.

Bahkan tidak hanya penyalahgunaan obat-obatan, beberapa di antaranya ada juga yang dikarenakan penyalahgunaan lem fox.

“Untuk pasien jiwa terutama untuk keluarga, karena perawatan pasien gangguan jiwa ini yang paling berperan adalah keluarganya, misalnya dalam terapi minum obat itu harus diperhatikan dan rutin dalam terapi pengobatan, intinya dukungan dari keluarga yang sangat penting,” terangnya.

Penyakit gangguan jiwa yang terutama skizofrenia itu harus minum obat untuk seumur hidup, karena jika berhenti minum obat penyakit ini akan kambuh lagi, ketika gangguannya berkurang dosis terapi obat akan dikurangi oleh dokter spesialis.(mj-26/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan