oleh

Hasil Reses Anggota Komisi IV, Athaillah Hasbi, PKH Dan Raskin Paling Banyak Dikeluhkan

BARABAI, koranbanjar.net – Reses anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan, Athaillah Hasbi di wilayah hulu sungai menemui berbagai pengaduan masyarakat. Seperti di Desa Binjai Pirua, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah(HST), tentang perbaikan data Program Keluarga Harapan (PKH) dan Beras Miskin(Raskin).

Menurut Athaillah, masyarakat Desa Binjai Pirua mengadu, selama ini banyak yang tidak berhak menerima PKH dan Raskin atau tidak tepat sasaran. Kepala Desa setempat menginginkan Dinas Sosial dan Badan Pusat Statistik harus bersinergi dengan aparat desa agar program ini tepat sasaran.

Selain PKH dan Raskin, masyarakat juga menginginkan adanya program bedah rumah di Desa Walatung Kecamatan Pandawan, Barabai, Kabupaten HSU, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

“Diharapkan juga adanya normalisasi sungai di Desa Walatung yang tembus ke Sungai Negara, sehingga air dapat tersalurkan dengan lancar tidak menggenangi lahan pertanian,” harap Athaillah di sela kegiatan reses, yang dihadiri Kapolsek Pandawan, Sekretaris Desa Walatung, serta tokoh masyarakat walatung, dari tanggal 20-23 Februari 2020.

Sebelumnya, dewan Kalsel dari fraksi Golkar ini meninjau ke Desa Patikalain Kecamatan Hantakan, Barabai, HST. Disana dirinya menampung berbagai aspirasi masyarakat, diantaranya dukungan pembangunan infrastruktur dari Pemerintah Pusat berupa sambungan listrik PLN. Pasalnya, jalan di desa setempat tersebut sudah aspal dan dapat dilalui mobil.

Selain itu, Kepala Desa dan tokoh masyarakat Dayak Meratus mengharapkan di Kecamatan Hantakan berdirinya sebuah SMK atau SMA untuk warga Meratus.

“Camat Hantakan Kartadipura, sangat berterimaskih adanya reses ini,” ucap Athaillah.

Bukan hanya itu, permohonan perbaikan Balai Adat (tempat tinggal masyarakat Dayak Meratus} Bantuan Sosial dari Biro Kesra Provinsi Kalsel, Balai Latihan Kerja(BLK) Provinsi Kalsel hendaknya disosialisasikan ke masyarakat, tidak hanya tamatan SMA atau SMK, namun juga SMP.

Selebihnya, masyarakat memohon pembangunan jalan dan Jembatan Usaha Pertanian.(JUP). Mudah mendapatkan Pupuk Subsidi serta normalisasi sungai tembus Nagara Hulu Sungai Selatan.

Kemudian legislator periode 2019-2024 ini menyempatkan berkunjung ke Pemerintah Desa Rantau Bujur dan Mantaas, Desa Mangunang Kecamatan Haruyan. Adapaun aspirasinya adalah permohonan perbaikan irigasi mangunang dari P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air), perbaikan Pos Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Sungai Harang, bantuan ternak itik petelur dari Pemerintah Daerah.

Selanjutnya, permohonan bantuan dana hibah Mesjid Nurul Yaqin Desa Haruyan Seberang, dan mudah mendapatkan pupuk bersubsidi. Beberapa usulan lainnya adalah
permohonan pembanguan Irigasi Pancur Hanau Hantakan untuk pertanian yang bersumber dari APBN.

Pembangunan jalan paving untuk gang-gang permukinan, pembangunan jalan lingkar walangsi yang bersumber dari APBN, pembangunan jembatan-jembatan untuk penyebarangan sarana pertanian, pelebaran jalan Surapati dan drainase (Dinas PUPR Kabupaten serta Bantuan untuk Mesjid Banua Jingah(yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: