Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Hari Santri Nasional, Bermacam Lomba Islami di Martapura

  • Bagikan
Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wabup Banjar Said Idrus Al Habsyie pada Hari Santri Nasional, Jumat (23/10/2021). (Sumber Foto: Kominfo Banjar/dya)

Kendati masa pandemi covid-19 dan digelar terbatas, hari santri nasional tetap diperingati di Kabupaten Banjar di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, dengan menggelar berbagai lomba bernuansa Islami, Jumat (22/10/2021).

BANJAR,koranbanjar.net –  Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 di Kabupaten Banjar berjalan meriah meski dengan protokol kesehatan yang ketat.

Peringatan diisi dengan atraksi kesenian Sinoman Hadrah dari Karya Muda, asal Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat dan atraksi seni bela diri pencak silat dari perguruan Pagar Nusa Kecamatan Sambung Makmur.

Peringatan Hari Santri 2021 dibuka resmi oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur,  di Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) Alun-alun Ratu Zalecha Martapura.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al- Habsyie, Sekda Banjar H Mokhamad Hilman, Forkopimda Banjar, Ketua MUI Kabupaten Banjar KH Muhammad Husein, Ketua Tanfidziyah NU Kabupaten Banjar Nuryadi, Para Kepala SKPD Banjar dan sejumlah ulama serta para santri.

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengucapkan selamat atas Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar Tahun 2021.

Dikatakannya, Peringatan Hari Santri Nasional tidak terlepas dari peran besar KH. Hasyim Asy’ari pendiri organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di Tanah Air Nahdlatul Ulama (NU), dalam melawan penjajah Belanda.

Orang yang mendukung upaya kemerdekaan dengan menggerakkan, mengajak rakyat dan juga santri melalui fatwa jihad yang kemudian dikenal sebagai resolusi jihad, melawan penjajah Belanda pada Tanggal 22 Oktober 1945.

“Saya sangat bersyukur, hari ini dapat bersilaturrahmi dan berada bersama ulama, tuan guru, para santri dan keluarga besar pondok pesantren dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021 yang pada tahun ini mengusung tema Bertumbuh, Berdaya, Berkarya,” ungkapnya.

Melalui tema Hari Santri Nasional tahun 2021 “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya”, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan bakat dan kompetensi para santri dan santriwati agar bisa memiliki peran mengisi pembangunan daerah disegala sektor.

Ketua Pelaksana Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar Muhammad HR mengatakan, bahwa Peringatan Hari Santri bertujuan sebagai momen silaturahmi.

Sekaligus untuk pembelajaran bagi para santri serta menumbuhkan semangat cinta tanah air.

Sejumlah kegiatan pun diadakan, guna memeriahkan Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar Tahun 2021 diantaranya Festival Maulid Habsyi, Musabaqoh Qiro’Atil Kutub, Musabaqoh Tilawatil Quran dan lomba Pidato Bahasa Arab.

Adapun peserta yang mengikuti lomba tersebut merupakan santri dan santriwati di wilayah Kabupaten Banjar. 21 pondok pesantren akan ikut ambil bagian dengan jumlah total peserta 180 santri.

Acara Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar Tahun 2021 merupakan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar. (kominfobanjar/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *