oleh

HARI SANTRI, INI PESAN DARI PESANTREN HIDAYATULLAH….

MARTAPURA – Peringatan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2017,  juga menjadi momen istimewa bagi Pesantren Hidayatullah Martapura. Pada momen ini, Ponpes Hidayatullah melaksanakan upacara di Komplek Pesantren Hidayatullah Keraton Martapura yang dipimpin Pimpinan Pesantren, Asatizd-asatizdah, karyawan  dan seluruh santriwan-santriwati, termasuk santri Pesantren Hidayatullah Taman Hudaya, mulai tingkat MI, MTs dan MA.

Pembina Upacara, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Hidayatullah Martapura Drs. H. Muhammad Ramlan, M.Pd. Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan menyampaikan,  22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional oleh Pemerintah, didasari Resolusi Jihad yang dicetuskan Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 di Surabaya.

Hal itu dilakukan untuk mencegah kembalinya tentara kolonial Belanda yang mengatasnamakan NICA. Seruan Jihad yang dikobarkan KH. Hasyim Asy’ari itu membakar semangat para santri arek-arek Surabaya berjuang untuk melawan agresi Belanda ke dua dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ditetapkannya  Hari Santri Nasional sekaligus sebagai pengakuan pemerintah terhadap eksistensi keberadaan pesantren sebagai lembaga pendidikan bagi santri di negeri ini.

“Banggalah menjadi santri, mendorong dan memotivasi santriwan-santriwati untuk terus berprestasi, hingga mampu berkiprah di masyarakat dalam berbagai bidang,” ujarnya.

Drs. H. Muhammad Ramlan, M.Pd dan Pimpinan Umum Pesantren Hidayatullah KH. Saifullah Nashrun, Lc juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada lima santri yang berprestasi tingkat Nasional dan Provinsi untuk tahun 2017.

Mereka, Aulia Agustina Kelas Xl MIA 1 sebagai Juara III Ambasador Krabbani tingkat nasional di Bandung 2017, Norhanifah Kelas Xll IPA 1 Juara 1 Tausiyah pada Asywadhi Aword 2017 di UIN Banjarmasin.

Kemudian, Ahmad Rizaldi Kelas Xll IPA 2 pada Raimuna tingkat Nasional Pramuka Penegak Pandega di Cibubur Jakarta 2017, Hayyan Farris Kelas 6 MI juara Nanang Cilik Banjarmasin Kalimantan Selatan 2017, serta  Nayla Rahma Izzati kls 5 MI Juara Umum Fashion Show tingkat SD sederajat se Kalimantan Selatan 2017.(humas smih)

Jangan Lewatkan