Hari Pertama Kerja, Rofiqi Pelajari Tatib Dewan

oleh -173 views
Hari Pertama Kerja, Rofiqi Pelajari Tatib Dewan
Ketua baru DPRD Kabupaten Banjar Muhammad Rofiqi di ruang kerjanya. (Foto: dya/koranbanjar.net

MARTAPURA, koranbanjar.net – Rabu (4/9/2019) tadi anggota DPRD Kabupaten Banjar terpilih dari Gerindra, Muhammad Rofiqi secara resmi menerima palu pimpinan dewan sebagai ketua sementara, yang diserahkan ketua lama, H. Rusli melalui sidang paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Banjar periode 2019-2024. Selanjutnya, apa saja dilakukan pengusaha muda yang sekarang menjadi politisi ini setelah memegang amanah itu?

Ditemui koranbanjar.net pada Kamis (5/9/2019) sekitar pukul 12.10 Wita di ruang kerja baru sebagai ketua DPRD Kabupaten Banjar, di lantai II kantor DPRD Kabupaten Banjar di Martapura. Rofiqi tampak sedang duduk di kursi kerja ketua dewan. Segelas teh dan satu buku tentang tata tertib DPRD menemani di atas meja. Beberapa karyawan-karyawati bagian humas dan protokol maupun kesekretariatan DPRD Kabupaten Banjar, berdiri tak jauh dari bersangkutan.

Sementara, di dekatnya juga terlihat Muhammad Iqbal, anggota baru DPRD Kabupaten Banjar yang merupakan rekan pula di Fraksi Gerindra dan satu organisasi di partai politik. Berdiskusi santai tentang berbagai hal, termasuk inovasi dalam kegiatan kerja dewan dan langkah membawa Kabupaten Banjar lebih baik dalam konteks selaku anggota dewan.

Selain mempelajari tata tertib (tatib) keanggotaan dewan, hari pertama Rofiqi diisi dengan menata dan membenahi ruangannya, mencakup hingga penempatan berkas-berkas dan buku-buku. Sebelumnya, ia pada pukul 10.00 Wita menghadiri undangan pelantikan atau pengukuhan pengurus DPD Forum Sekretaris Desa Kabupaten Banjar di Mahligai Sultan Adam di Martapura.

Ditegaskan Rofiqi di hadapan karyawan sekretariat, ia ingin semua kegiatan pimpinan dan anggota dewan teragenda dan terjadwal dengan baik. Tugas dan kerja anggota dewan supaya diatur waktunya sedemikian rupa.

Misalnya, bilamana rapat kerja sering tak bisa dilangsungkan pagi atau siang hari karena kemungkinan besar tak memenuhi kuorum, maka hendaknya agendakan malam hari.

“Kalau malam bisa memenuhi atau bahkan lebih dari kuorum yang hadir, mengapa tidak dilaksanakan malam saja. Asalkan kuorum dan tugas bisa terselesaikan,” katanya, sambil meneruskan kesibukan memberikan arahan lainnya kepada jajaran sekretariat. (dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan