oleh

Hari Jadi Ke-54 Kabupaten Tabalong; 1 Desember 1965 – 1 Desember 2019 (7)

Bupati Entrepreneur Dan Desanya Juara Nasional HATINYA PKK 2019

 

Halaman asri dan nyaman adalah idaman setiap keluarga

Jika itu dilombakan tentu semakin menambah gairah

Menciptakan halaman demikian, Desa Kambitin Raya juaranya

TAHUN 2019 merupakan tahun suka ria bagi Kabupaten Tabalong. Komitmen kepala daerah untuk memandirikan masyarakatnya melalui wirausaha berhasil membawa Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani MSi meraih penghargaan sebagai Bupati Entrepreneur Award 2019 untuk Kategori Perdagangan dari Lembaga Internasional Markplus.

Ketika periode pertama tahun 2014-2019kepemimpinannya Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani MSi memprioritaskan pencetakan 5000 wirausaha baru. Namun, 5 tahun kepemimpinan justru berhasil mencetak 6450 wirausaha baru terampil.

Maka, periode kedua Kabupaten Tabalong terus berinovasi melalui berbagai program pemerintahan yang bekerjasama dengan perusahaan dan lembaga masyarakat. Tabalong menargetkan mencetak 10.000 wirausaha baru yang dikerjasamakan dengan LPK pradata melalui program Cikamaka.

Baca juga:

 

 

Usaha ini didukung dengan program klinik gerbang emas dengan bunga 0%, kredit ini ditunjukkan sebagai akses permodalan pelaku UMKM, hingga tahun 2019 pemerintah daerah telah mengalokasikan dana Rp10 miliar rupiah untuk program kredit gerbang emas.

Kemudian, Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Selain juara di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), juga dipercaya mewakili Kalimantan Selatan pada Lomba Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau HATINYA PKK di tingkat nasional.

Ahli dalam memanfaatkan halaman sebagai tempat menanam tanaman produktif, Desa Kambitin ini berhasil menjadi Juara III Lomba HATINYA PKK tingkat nasional tahun 2019.

 

Sebelumnya, Desa Kambitin Raya menjadi Juara I dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Setelah didaftarkan ke jenjang nasional, masuk nominasi enam besar. Lalu, meraih predikat Juara I tingkat nasional.

Bagaimana tanggapan Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifa Anang Syakhfiani? Ia mengatakan, selama ini banyak memberikan arahan pembinaan pada Desa Kambitin Raya. Tidak hanya dari PKK, tetapi tingkat provinsi dan lingkup SKPD di Pemkab Tabalong.

“Khusus Desa Kambitin Raya memang selama ini jadi desa percontohan sejak 2011 hnigga 2014. Kami juga memadukan dengan kegiatan perikanan, peternakan dan perkebunan karet. Harapannya, bisa meningkatkan perekonomian keluarga,” katanya. (dya/adv/kominfotabalong)

Komentar

Jangan Lewatkan