Kab Kotabaru

Harga Ayam di Peternakan Naik, Inilah Salah Satu Sebabnya

KOTABARU, KORANBANJAR, NET – Menjelang pergantian tahun, dari tahun 2018 ke 2019, harga ayam ras kandang di Kotabaru, sepertinya mengalami kenaikan harga.

Penelusuran wartawan koranbanjar,net yang turun langsung ke lokasi peternakan ayam ras di Desa Sigam Kabupaten Kotabaru, Sabtu (29/12/2018), harga ayam ras di kandang memang mengalami kenaikan.

Pemilik ternak ayam ras, Ahmad Munasir mengatakan, memang ada kenaikan harga ayam di sejak awal Desember 2018 atau menjelang natal dan tahun baru.

“Untuk harga pembagian di pasar sudah mencapai Rp28.500 ribu per kilogram, dan harga pengambilan dari Pelaihari sudah harga Rp26 ribu per kilonya. Perbandingan harga ini cukup jauh dari harga sebelumnya yang hanya Rp19 ribu perkilogram hingga Rp20 ribu perkilo. Itu harga masih di bulan Oktober dan Nobember atau sebelum masuk bulan Desember 2018,” ungkapnya.

Kenaikan harga ini, lanjut dia, juga dikarenakan stok ayam yang terbatas, karena setiap akhir tahun pasti ada pengurangan stok dari prusahaan ternak langsung. Sebab peternakan tutup buku akhir tahun dan hari libur karyawan,” ucap Ahmad Munasir.(mj-030/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close