Kalsel  

Halalbihalal Kerukunan Bubuhan Banjar di Jawa Barat

Suasana meriah menyelimuti acara Halalbihalal 1445 H/2024 M Kerukunan Bebuhan Banjar (KBB) Jawa Barat, Minggu (5/5/2024) pagi di Aula Merah Putih Universitas Pertahanan RI di Sentul, Kabupaten Bogor. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Suasana meriah menyelimuti acara Halalbihalal 1445 H/2024 M Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Barat, Minggu (5/5/2024) pagi di Aula Merah Putih Universitas Pertahanan RI di Sentul, Kabupaten Bogor. 

BOGOR,koranbanjar.net – Halalbihalal berlangsung semarak dengan diwarnai berbagai pertunjukan seni budaya dan kuliner khas Banjar.

Kehadiran Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, beserta istri Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah, disambut hangat oleh para tamu undangan yang ingin berswafoto dengan orang nomor satu di Kalsel itu.

Halalbihalal KBB Jawa Barat dihadiri oleh berbagai tamu undangan dari berbagai daerah, antara lain, Ketua Umum KBB Jabar, H. Rd Dadang Hilmansyah, Kordinator Kerukunan Bebuhan Banjar (KBB) sepulau jawa, KBB Malaysia, KBB Jambi, KBB Jawa Timur, KBB dari wilayah lainnya.

Juga hadir sejumlah kepala SKPD lingkup Provinsi Kalsel, Guru Sufian Al Banjari, Para habaib dan para ulama serta Tokoh masyarakat.

Sebelum memasuki acara inti, para tamu undangan dihibur dengan pertunjukan tari Radap Rahayu, sebuah tari klasik Banjar yang melambangkan penyambutan tamu dengan penuh penghormatan.

Halalbihalal KBB Jawa Barat tahun ini mengangkat tema “Dengan refleksikan diri untuk mensucikan hati dalam jalinan silaturahmi idul fitri bersinergi rakat sesama orang Banjar.”

Tidak lupa, lantunan ayat suci Al Quran oleh qori internasional asal Banjar, Muhammad Rizqon.

Selain itu, para tamu undangan juga disuguhkan dengan penampilan madihin, iringan musik panting serta lagu-lagu khas Banjar yang membangkitkan semangat kebersamaan.

Acara ini menjadi momen penting bagi warga Banjar perantauan untuk bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

Berbagai komentar positif dilontarkan oleh para tamu undangan, menunjukkan antusiasme dan kebahagiaan mereka atas acara ini.

Ulun sangat mengapresiasi Paman Birin atas kehadirannya di acara ini. Beliau adalah pemimpin yang sangat peduli dengan warga Banjar, baik di Kalsel maupun yang ada di perantauan,” tutur Arifin.

Senada dengan Arifin, Rahmat yang merupakan warga Banjarmasin dan 11 tahun meninggalkan Banjarmasin kampung halamannya mengaku senang dapat bersilaturahmi dengan warga Banjar lainnya.

“Saya senang sekali bisa berkumpul dengan sesama warga Banjar,” ucap Rahmat.

Paman Birin juga membagikan 400 bingka, lam, baju kaos, dan kain sasirangan kepada warga Banjar yang hadir pada acara halalbihalal ini. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *