Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Hadiri Panen Raya, Bupati HSS: Petani Sejahtera, Sejahtera Juga Masyarakat Kita

  • Bagikan
Bupati HSS pimpin panen raya padi di Telaga Langsat. (Sumber Foto: Kominfo HSS/koranbanjar.net)

Hamparan padi terbentang luas di Desa Telaga Langsat Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulul Sungai Selatan (HSS) memberikan anugerah bagi para petani. Kamis (10/6/2021), dimulainya panen raya padi yang ditandai oleh Bupati HSS Drs H Achmad Fikry.

HULUSUNGAISELATAN,koranbanjar.net – Bupati HSS bersama Kepala Dinas Pertanian HSSMuhammad Noor SP menghadiri sukuran panen padi raya ini sekaligus menyerahkan bantuan untuk Kelompok Tani Mekar Sari.

Sebelum sukuran dimulai, Bupati HSS menyerahkan bantuan secara simbolis yang diantaranya pembangunan dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier pada tahun 2021 sebanyak 11 unit dengan jumlah bantuan dana sebesar Rp. 75.000.000,-/unit.

Penyerahan Bantuan Benih Padi sebanyak 90.825 kg seluas 3.633 HA dengan jumlah kelompok tani penerima sebanyak 282 kelompok tani.

Bantuan Ternak Kambing dan Itik sebanyak 49 ekor untuk 3 kelompok tani dan bantuan ternak Itik sebanyak 2.600 ekor untuk 11 kelompok tani.

Bantuan Hand Traktor 1 unit untuk kelompok Tani Sanghara Desa Mandala.
Bantuan Corn Celler Mobile 1 unit untuk kelompok Tani Usaha Karya Desa Tambingkar Kecamatan Kalumpang.

Bantuan Tosa 1 unit untuk kelompok tani Rasau Bakti Desa Jambu Hilir Kecamatan Kandangan.

Kemudian, dilanjutkan dengan peletakan batu pertama untuk pembangunan jaringan irigasi serta panen padi bersama oleh Bupati HSS, Kepala Dinas Pertanian, Dandim 1003 Kandangan serta perwakilan Kapolres.

Bupati Achmad Fikry mengatakan, hari ini memenuhi undangan dari kelompok tani untuk panen padi, guna memotivasi para petani agar perekonomian mereka lebih meningkat lagi.

“Kami jujur mengatakan setiap ada undangan panen kami usahakan maksimal untuk hadir. Kami ingin mendorong petani kita bisa meningkatkan ekonomi mereka,” katanya.

Sering kami katakan kalau petani sejahtera, sebut dia, sejahtera juga masyarakat kita. Tadi juga diletakkan batu pertama melanjutkan perbaikan saluran tersier dibantu setiap kelompok dengan dana Rp. 75.000.000,- dan itu dilaksanakan dengan pola padat karya.

Artinya kelompok tani bisa bekerja disana dengan upah harian tergantung kesepakatan. Era sekarang pemerintah terus mendorong program itu bersifat padat karya bisa melibatkan masyarakat khususnya kelompok tani.

“Tentu kami berharap dengan adanya saluran tersier bisa melancarkan usaha tani mereka,” ucap Bupati

Lebih lanjut Bupati Hulu Sungai Selatan berharap agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah Daerah bisa dijaga dan dirawat sebaik-baiknya oleh para petani.

“Tadi kami juga menyerahkan bantuan alat pertanian. Ini untuk memudahkan para petani kita. Saya titip pesan untuk dirawat, kalau rusak sedikit bisa diperbaiki jangan rusak sedikit dibiarkan,” paparnya.

Harus ada iuran diantara kelompok tani untuk biaya pemeliharaannya. Pemerintah terus mendorong dan juga perlu ada komunikasi yang baik antara petani dengan penyuluh dilaporkan ke Dinas Pertanian nanti kita akan tahu di kabupaten mana yang harus difasilitasi.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan pemerintah ini bisa memberikan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat petani kita,” tuturnya. (kominfohss/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *