Kalsel  

Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD Kalsel Minta Tiap Daerah Update Cuaca

Ilustrasi cuaca hujan di Indonesia. (Sumber Foto: pixabay)

Kalimantan Selatan dalam sepekan ke depan akan mengalami cuaca ekstrem. Maka itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

BANJARBARU, koranbanjar.net Rilis yang dikeluarkan BMKG pada 15 April 2024 lalu, kondisi cuaca sepekan ke depan akan ada peningkatan curah hujan dengan intensitas berbeda-beda.

Kondisi tersebut dapat terjadi hingga 21 April mendatang pada sebagian wilayah di Indonesia, termasuk Kalsel.

Terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat itu juga sudah diketahui oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Kepala BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah yang disampaikan Kepala Sub Bidang Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Ariansyah, pihaknya telah menindaklanjuti informasi itu kepada BPBD di setiap daerah.

“Terutama daerah yang topografinya curam dan cekung, pegunungan dan tebing yang rawan longsor dan banjir. Kami harap masyarakat waspada dan berhati-hati dalam berkegiatan,” ucapnya.

Menurutnya, kondisi tersebut berbeda-beda disetiap daerah. Maka pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati akan potensi dan dampak yang bisa terjadi dari cuaca ekstrem itu.

“Baiknya dapat Memperbaharui perkembangan informasi dari BMKG, dengan melalui media sosial BMKG atau dapat menghubungi kantor BMKG terdekat,” katanya.

Pemerintah Provinsi Kalsel juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah tentang pembaharuan cuaca dan dijadikan atensi.

“Sekecil apapun potensi bencana bisa diminimalisir dampaknya. Seperti menyampaikan update cuaca sampai ke tingkat desa atau kelurahan,” pungkasnya. (maf/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *