Habib Ahmad Disebut HABIB BATILANTANG, Begini Ceritanya

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Sebagian masyarakat Kota Banjarmasin mungkin tidak asing mendengar seorang ulama dari dzuriat Rasulullah Saw yang disebut Habib Batilantang (batilantang adalah kosa kata Banjar yang berarti tidur rebahan, red). Namun, mungkin tidak semua yang mengetahui sehingga Wali Allah ini bergelar demikian.

Pengurus Kubah Habib Ahmad Batilantang, Habib Alwi Bahasyim kepada koranbanjar.net menceritakan secara singkat mengenai riwayat perjalanan Habib Ahmad Batilantang.

“Pada waktu saya masih seumuran anak-anak, pada waktu itu Habib Ahmad ini sering tidur telantang di samping dinding kamar. Cuma saya lupa tahunnya. Dulu Habib Ahmad ini pernah kawin, namun tidak berumur panjang dan akhirnya beliau mendapatkan perjalanan rohani hingga masuk khalwat. Sampai akhir hayat, beliau tidak mempunyai anak. Jadi siapapun yang mengaku sebagai anak, cucu atau buyut beliau, itu adalah tidak benar,” cerita Habib Alwi.

Penjelasan tentang sekilas riwayat Habib Ahmad ini menyusul pelaksanaan Haul Akbar Habib Ahmad Batilantang Basirih yang dihadiri ratusan jamaah, belum lama tadi. Haul diiringi alunan syair Maulid Nabi Muhammad Saw di Kubah Habib Ahmad Batilantang, Jalan Tembus Mantuil Kelurahan Basirih Selatan, Kotamadya Banjarmasin.

Acara yang digelar di dalam kubah hingga di sepanjang jalan raya di luar kubah banyak dipadati jamaah tamu undangan yang datang dari berbagai penjuru baik yang datang dari wilayah Banjarmasin, hingga dari luar Kalimantan Selatan.

Hikmah dari pelaksanaan haul tersebut, Habib Alwi bertutur bahwa dengan adanya Haul Akbar ini, menambah kecintaan dan pengetahuan tentang riwayat hidup seorang Wali Allah.

“Menambah kecintaan kepada salah satu cucu Rasulullah Saw, serta mengambil pelajaran akan ketawadu’an dan Istiqomah beliau dalam beribadah kepada Allah SWT hingga akhir hayat,” tutur Habib Alwi Bahasyim.

Habib Alwi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara Haul Akbar ini.

“Mudah-mudahan mendapatkan pahala di sisi Allah dan kebaikan serta ridho RasulNya bagi sudah membantu terlaksananya acara ini, khususnya kepada para penyumbang, donatur, sponsor pokoknya semuanya terima kasih telah banyak membantu demi lancarnya acara ini,” ucap Habib Alwi.

Haul Habib Ahmad bin Hasan bin Alwi bin Idrus Bahasyim yang ke 50 ini telah diisi dua penceramah,yang pertama dari Ustadz Ilham Humaidi dan yang kedua dari Habib Saufi Ba’bud. Dzikir nasyid dibawakan perkumpulan majelis Bani Ismail, juga turut berhadir buyut Habib Hamid Bahasyim atau yang lebih dikenal Habib Basirih dan juga seorang aktivis dan akademis yaitu Habib Fathur Bahasyim, Habib Salim Bahasyim atau yang lebih dikenal di kalangan jamaahnya Habib Salim Panggang.(al/sir)