Gusti Kadarusman Siap Maju di Pilbup Tabalong, Sudah Daftar Dua Parpol Besar

Gusti Kadarusman menyerahkan berkas permohonan ke Partai Gerindra Provinsi Kalimantan Selatan. (Sumber Foto: Gusti Kadarusman untuk koranbanjar.net)

Berita mengejutkan datang dari adik kandung Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh yakni, Gusti Kadarusman. Tokoh yang pernah maju pada Pilkada Tabalong beberapa tahun silam ini, kembali siap maju pada Pilkada Tabalong tahun 2024 ini. Bahkan Gusti Kadarusman sudah mendaftar pada dua parpol besar.

TABALONG, koranbanjar.net Salah seorang tokoh asli Tabalong, Gusti Kadarusman telah menyatakan diri siap maju pada Pilkada Tabalong 2024.

Keseriusannya maju sebagai Bakal Calon Bupati Tabalong dibuktikan dengan mendaftarkan diri ke markas Partai Gerindra Kalsel pada Kamis, (23/5/2024) kemarin.

Gusti Kadarusman kepada koranbanjar.net, Jumat (24/5/2024) mengatakan, dirinya siap maju sebagai bakal calon Bupati Tabalong. Bahkan dia sudah menyerahkan berkas permohonan ke markas Partai Gerindra pada Kamis, (23/5/2024).

Sebelum ke Partai Gerindra, dia bersama tim juga sudah menyerahkan berkas permohonan ke Partai Demokrat yang langsung diterima Ketua DPW, Ibnu Sina.

Menurut Kadarusman, dia berkeinginan bisa berkoalisi dengan partai besar lainnya saat berkompetisi di Pilbup Tabalong, seperti seperti Prabowo-Gibran saat di Pilpres lalu.

“Kami berharap, semua partai yang ada di Koalisi Indonesia Maju bisa mengusung dirinya di Pilbup Tabalong,” ujar Gusti Kadarusman.

Sementara itu, sambung Kadarusman, saat dia menyerahkan berkas kepada Partai Demokrat, Ketua DPD Demokrat Kalsel Ibnu Sina menegaskan pihaknya terbuka kepada siapa saja, baik figur dan koalisi partai.

“Kami berharap dengan keterbukaan ini, posisi Demokrat dengan jumlah kursi yang ada di masing-masing tingkatan bisa menjadi tiket bagi para calon untuk maju di Pilkada 2024,” ujar Kadarusman menirukan ucapan Ibnu Sina.

Adapun proses penjaringan semua pelamar ke Demokrat dipastikan sesuai mekanisme, tanpa membeda-bedakan. Setelah di DPD, berkas pelamar berproses ke DPP Demokrat.

“Setelah itu DPP akan memberikan perintah kepada DPD atau DPC untuk mengeluarkan surat tugas, bahkan ada yang langsung surat rekomendasi,” pungkasnya.

Gusti Kadarusman menyerahkan berkas permohonan ke Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Selatan. (Sumber Foto: Gusti Kadarusman untuk koranbanjar.net)

Sementara itu, Gusti Kadarusman juga menyatakan, bahwa dirinya sudah mengantongi rekomendasi dari DPP PAN untuk berupaya melakukan koalisi dengan parpol-parpol besar yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju untuk memenuhi persyaratan maju pada Pilkada Tabalong.

Selain itu juga mendapat rekomendasi untuk mencari pasangan bakal calon Wakil Bupati Tabalong 2024.

Ketika menyerahkan berkas pencalonan ke Gerindra, Gusti Kadarusman didampingi Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim atau yang lebih dikenal dengan sebutan Habib Banua.

Adapun profile Gusti Kadarusman, antara lain, dia tercatat sebagai Tenaga Ahli Komisi III DPR RI A-541 Periode Oktober 2019 hingga September 2024.

Dia jua merupakan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Banjarmasin Periode Januari 2022 hingga Desember 2024.

Kadarusman juga anggota Dewan Penasehat Kerukunan Keluarga Tabalong (KKT) Periode 2022 hingga 2028.

Gusti Kadarusman pernah menjadi Calon Bupati Kabupaten Tabalong Periode 2009 – 2014.

Pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPW Partai Amanat Nasional Provinsi
Kalsel Tahun Periode 2009 – 2014, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Tabalong (KKT) Banjarmasin Periode 2007 – 2011, Fungsionaris DPP Partai Golkar Tingkat Pusat Periode 2007 – 2008, Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi
Kalimantan Selatan 2004 – 2009.

Sekretaris Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan Periode 2004 – 2009, Ketua III BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2005 serta Sekretaris Dewan Pertimbangan Asosiasi Persatuan Bangunan Indonesia (APBI) Kabupaten Banjar Periode Tahun 2005 – 2009. (sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *