Tak Berkategori  

Gusdur Sejak Kecil sudah Mencuri

ASTAMBUL, KORANBANJAR.NET – Tak hanya babak belur karena mendapat hadiah bogem dari warga, sepeda motor Yamaha Mio Nopol DA 6760 DT warna putih yang dikendarai tersangka juga menjadi sasaran kemarahan warga dan mengalami rusak parah.

Percobaan pencurian kotak amal tersebut terjadi di Langgar di Langgar Miftahul Khair Desa Sungai Aning Danau Salak, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Sabtu (23/6) malam lalu sekitar pukul 22.00 Wita.

Awalnya pria yang kerap dipanggil Gusdur ini berencana pulang ke kediamannya di Kandangan, Kubupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dari Banjarmasin. Sesampainya di langgar Miftahul Khair ia ingin membuang air kecil.

Melihat suasana langgar sepi, dengan bermodal kunci ia berupaya untuk membobol kotak amal yang ada di langgar tersebut.

Pencurian kotak amal

Belum sempat sukses mengambil uang yang ada di dalam kotak amal, Gusdur dipergok oleh warga setempat.

Setelah itu pria yang sehari-harinya sebagai pengupas kelapa di pasar Kandangan ini langsung diamankan pihak kepolisian Polsek Astambul.

warga amuki pencuri kotak amal

Kejadian ini diposting oleh akun media sosial instagram @wargabanua beberapa jam kemudian.

“TERCIDUK! Menurut info diduga pelaku pencuri uang di kotak amal di salah satu mesjid di Sei. Aning, Astambul, Kab. Banjar. Utk pelaku sempat dikasih ‘mandai’ oleh massa di sana sebelum diserahkan ke pihak berwajib. 23:30 Wita 23/6,” tulis akun @wargabanua.

Warga net pun ramai memperbincangkan dengan berbagai komentar.

“Itu org Kandangan, orangnya ada kekurangan, sering hj terjadi dKandangan dapatnya tp diganti olh org tuanya, kasian kuitannya habis-habis ky itu haja maungkusi,” tulis akun @anuy_sadewa

“Kasungsungan maling hanyar jam sepuluh urang gin hanyar bulik dari maulitan,” timpal akun @louvre_skyzee

“Kasian bro ai itu orangnya ada gangguan jiwa sdkit. Mulai kakanakan inya kaitu… kada pantas dipukuli, nya dasar kalakuan kaitu… Cuma pasti diganti yang kuitan,” tambah akun @reyza_andrea

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete melalui Kapolsek Astambul AKP Samsu Darsono membenarkan bahwa adanya percobaan pencurian di Langgar Miftahul Khair Desa Sungai Aning Danau Salak. Pihaknya juga sudah mengamankan tersangka usai kejadian.

Terkait diduga adanya gangguan jiwa yang dialami oleh pelaku, Kanit Reskrim Polsek Astambul, AIPDA Sotejo mengatakan kepada koranbanjar.net, bahwa pelaku masih mempunyai akal sehat dan tidak gila.

“Sekarang statusnya sudah tersangka karena telah melakukan percobaan pencurian, sebab kalau tidak ditahan kemungkinan ia akan melakukan hal serupa dan kembali menjadi amukan warga, sebab beberapa kali sudah ia tertangkap, diantaranya di Polsek Tapin dalam kasus curanmor,” jelas Sotejo. (dra)