oleh

Gubernur Optimis Kalsel Jadi IKN Atas Pengurangan Kantong Plastik dan Karhutla

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Tanpa menyebut angka dan data berapa jumlah yang berhasil dikurangi, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan pengurangan penggunaan plastik untuk pembagian daging hewan kurban saat Iduladha kemarin, dan pengurangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalsel, membuatnya lebih optimis bahwa Kalsel bisa terpilih menjadi ibu kota baru Negara Indonesia.

Hal itu diungkapkan gubernur saat penyerahan sapi kurban jenis Limosin dari sumbangan Presiden Jokowi Widodo untuk Masjid Sabilal Muhtadin, Sabtu (10/8/2019), di halaman masjid terbesar di Banjarmasin itu.

“Untuk pengurangan plastik saat ini lebih baik kita menggunakan bakul kecil atau tas goody bag. Selain bisa menekan penggunaan kantong plastik, juga bisa bisa meanekaragamkan khas kita (Kalsel),” ujarnya.

Lalu, terkait karhutla yang terjadi di Kalsel saat musim kemarau ini, dikatakan gubernur, sudah disampaikan pada rapat kordinasi bersama pemerintah pusat.

“Untuk menanggulangi karhutla, kami sudah antisipasi dengan menugaskan anggota damkar, BPBD serta kepolisian di tempat-tempat rawan karhutla,” tuturnya.

Sahbirin menyebutkan, meski saat ini sudah gencar pemberitaan mengenai tahap pemilihan ibu kota negara (IKN), dia tetap optimis Kalsel yang akan terpilih.

“Kalau Kalsel tidak terpilih kita tetap mengurangi dua masalah tersebut (penggunaan kantong plastik dan karhutla),” pungkasnya. (mj-022/dny)

Komentar

Jangan Lewatkan