Tak Berkategori  

Gubernur Kalsel Bersama 20 Dubes Tanam Pohon Ulin

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, bersama dengan 20 duta besar (dubes) dan 16 perwakilan negara sahabat yang akan menghadiri pelaksanaan acara puncak Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018, Kamis (18/10) besok, melakukan penanaman pohon ulin di kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel, Cempaka, Banjarbaru, Rabu (17/10) pagi tadi.

Penanaman pohon yang berjuluk kayu besi denang nama latin eusideroxylon zwageri teijsm ans binn ini, merupakan tanaman khas Kalimantan, yang sengaja dipilih untuk ditanam secara serentak lantaran kelangkaannya.

Pada kesempatan itu, Ambasador atau Duta Negara Argentina, HE Ricardo Luis Bocalandro, mengaku sangat bangga bisa berpartisipasi dalam penanaman pohon ulin ini. Ia berharap agar pohon tersebut dapat terus dipelihara.

“Sangat bangga untuk turut serta menanam pohon ini. Mudah-mudahan bisa terus dipelihara, sehingga dapat tumbuh besar,” ujar Ricardo.

Sementara Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, menjelaskan, penanaman ini untuk mendukung pelaksanaan program revolusi hijau yang terus digaungkan Pemprov Kalsel.

“Saat ini kita memang belum bisa menikmati langsung hasilnya, namun lihat saja 50 atau 100 tahun mendatang. Inilah warisan bagi anak cucu supaya wilayah kita tetap hijau dan terus menjadikannya sebagai paru-paru dunia,” ujar gubernur.

Untuk itulah, lanjut Paman Birin –sapaan akrabnya–, usai dilakukan penanaman, pohon-pohon akan terus dijaga dengan keterlibatan instansi terkait untuk memantaunya, sehingga pohon yang ditanam dapat tumbuh.

“Instansi terkait saya minta untuk terus menjaga apa yang telah ditanam, jangan sampai tidak tumbuh,” pinta Paman Birin.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, menyampaikan, penanamanan pohon ulin yang termasuk dalam rangkaian acara HPS ke-38 ini, sebanyak 140 batang pohon ulin ditanam, dan akan terus dijaga pertumbuhannya.

“Kami akan pantau dan jaga, sehingga pertumbuhan pohon ulin yang sudah ditanam akan terus terjaga,” kata Hanif. (hmsprov/dny)