Ghosting dan 9 Istilah Trending Sepanjang 2020

oleh -5.778 views
Foto tangkap layar beranda Google Trending.

Di tahun 2020 yang baru saja berakhir banyak sekali tercatat berbagai kata ataupun istilah yang kerap digunakan masyarakat. Saking seringnya, berbagai istilah itu bahkan masuk dalam deretan kata trending di Google Trends.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Kata-kata itu kemudian menjadi tren yang sering diucapkan oleh berbagai kalangan untuk menggambarkan sesuatu. Berikut sederet kata atau istilah yang trending dan menjadi populer di Indonesia sepanjang 2020.

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

  1. Ghosting

Istilah ini menjadi kata nomor satu yang muncul dalam Google Trends sebagai kata paling tending sepanjang 2020. Kata ini kerap dipakai kalangan anak muda maupun di dunia maya. Istilah ini biasanya sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang menghilang tiba-tiba dalam hubungan asmara ataupun pasangan yang ingin merajut kasih. 

  1. Gabut

Ini juga menjadi kata trending berikutnya sepanjang 2020 setelah ghosting. Gabut merupakan kependekan dari gaji buta. Namun, karena istilah gabut kemudian makin banyak digunakan kaum milenial, kini artinya tak hanya sekadar tentang makan gaji buta. Kata gabut juga sering digunakan untuk menggambarkan perilaku atau tindakan seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa. 

  1. Lockdown

Lockdown dicatut dari bahasan Inggris. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan suatu upaya pengendalian dari pemerintah terhadap penyebaran virus corona. Mengacu pada penjelasan Presiden Joko Widodo, lockdown mengharuskan sebuah wilayah menutup akses masuk maupun keluar sepenuhnya.

Masyarakat di wilayah yang sedang menerapkan lockdown tidak dapat lagi keluar rumah dan berkumpul. Transportasi dan kegiatan perkantoran, sekolah, maupun ibadah, dinonaktifkan. Kebijakan lockdown diterapkan di berbagai negara sebagai upaya menekan sebaran virus corona.

  1. Rebahan

Bagi pengguna media sosial khususnya Twitter, kata rebahan sering digunakan dalam posting-an maupun kolom komentar. Namun bagi mereka yang tidak memiliki Twitter, bisa jadi akan bingung memahami kata yang satu ini. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rebahan berarti berbaring, sehingga bagi sebagian orang, rebahan digunakan untuk menggambarkan aktivitas memanjakan diri dengan berisitirahat di kasur.

  1. WFH

Sama seperti istilah lockdown, istilah ini juga diambil dari bahasa Inggris. WFH merupakan kependekan kata dari work from home, artinya bekerja dari rumah. Tujuannya agar terhindar dari penularan virus corona. Istilah ini menjadi kata popular seiring pandemi Covid-19.

  1. Resesi

Istilah ini merupakan kata yang sering dignakan dalam ilmu ekonomi. Resesi artinya pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) mencatatkan pertumbuhan negatif dalam dua kuartal berturut-turut. Artinya, dalam dua kuartal berturut-turut, PDB mencatatkan pertumbuhan negatif.

  1. Kuota Belajar

Kuota belajar ialah kuota internet atau paket data untuk mengakses situs dan aplikasi e-learning dan kuota conference untuk mengakses platform konferensi video. Selain itu, kuota belajar juga dapat digunakan untuk mengakses sejumlah laman resmi kampus/universitas. Kuota belajar ini dibagikan pemerintah secara gratis untuk mendukung WFH atau belajar dari rumah.

  1. Virus Corona

Kata virus corona juga tak ketinggalan menjadi istilah yang yang trending dan populer sepanjang 2020. Virus yang tergolong baru ini kemudian dinamakan SARS-CoV2, sementara penyakitnya dinamakan Covid-19. SARS-CoV2 bisa menyebabkan penyakit pernapasan ringan sampai berat. Gejala umum yang sering terjadi pada penderitanya yakni demam, kelelahan, dan batuk. Namun, belakangan ini sebagian penderita bisa tidak menunjukkan gejala sama sekali.

  1. PSBB

PSBB yakni singkatan dari pembatasan sosial berskala besar. Ini merupakan aturan yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Aturan PSBB tercatat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020. 


Baca juga: Bucin, Halu, Gabut dan Istilah Lainnya yang Jadi Kata Trending Sepanjang 2019


  1. Among Us

Dilansir dari Wikipedia, Among Us adalah sebuah permainan jamak daring yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh studio permainan asal Amerika Serikat, InnerSloth. Permainan ini dirilis pada 15 Juni 2018. (dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *