Kalsel  

Geospasial Banua Award 2022 Sukses Digelar

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurul Fajar Desira di acara geospasial banua award 2022, Jumat (23/9/2022) di Banjarmasin. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Geospasial Banua Award 2022 yang diadakan Pemprov Kalsel menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang menyelenggarakan di tingkat daerah.

BANJARMASIN, koranbanjar.net Acara puncak Geospasial Banua Award tahun 2022 dilaksanakan Jumat (23/9/2022) di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin.

Ajang penghargaan yang diadopsi dari penyelenggaraan Bhumandala Award oleh Badan Informasi Geospasial ini, adalah ajang penghargaan penilaian simpul jaringan terbaik.

Untuk pelaksanaan di Kalsel sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu Kategori SKPD lingkup Pemprov Kalsel dan Kategori pemerintah kabupaten/kota.

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurul Fajar Desira menyampaikan ucapan selamatnya kepada 12 penerima Geospasial Banua Award tahun 2022 di kedua kategori.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, kata Fajar Desira, berharap penghargaan ini dapat mewujudkan pembangunan daerah.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang Geospasial Banua Award tahun 2022. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk mewujudkan pembangunan daerah yang lebih baik,” kata Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan pesatnya dinamika perkembangan wilayah, informasi geospasial memiliki peran penting dalam mewujudkan perencanaan pembangunan kewilayahan.

“Dinamika perkembangan wilayah semakin pesat. Peran SKPD dan kabupaten kota di Provinsi Kalimantan Selatan dalam menyediakan informasi geospasial sangat diperlukan untuk mencapai perencanaan pembangunan berbasis kewilayahan yang efektif dan efisien,” pesannya.

Dengan berpegang pada UU dan sejumlah peraturan presiden, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, ujar Paman Birin, telah berupaya dan berkomitmen, untuk terus meningkatkan penyelenggaraan informasi geospasial provinsi di daerah.

“Salah satunya adalah melalui penyelenggaraan Geospasial Banua Award ini,” imbuhnya.

Karena menurutnya, ajang penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan memberikan dorongan yang lebih masif terkait penyelenggaraan informasi geospasial di Banua Kalimantan Selatan.

“Adanya penghargaan ini kita harapkan memberikan dorongan lebih masif, meningkatkan komitmen pemerintah kabupaten kota dan SKPD lingkup pemerintah provinsi, dalam meningkatkan kinerja simpul jaringan informasi geospasial dan mendukung percepatan satu data banua,” ujarnya.

Mewakili Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Sekretaris Utama BIG, Muhtadi Ganda Sutrisna pada puncak ajang penghargaan ini menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Kalsel yang telah berhasil menyelenggarakan Geospasial Banua Award tahun 2022 ini.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalsel yang sudah menginisiasi kegiatan ini, sangat monumental mengingat ini adalah satu-satunya ajang penghargaan geospasial yang diselenggarakan di luar BIG. Ke depannya kami berharap pemerintah daerah lain bisa mencontoh dengan apa yang sudah dilakukan oleh Kalsel, saya kira sudah sangat baik,” pujinya.

Muhtadi juga menyampaika bahwa Kalsel sudah memiliki Geospasial Awareness yang tinggi dibanding dengan wilayah lain. Selain itu, Kalsel juga adalah salah satu provinsi terbaik dalam hal penyelenggaraan informasi geospasial.

”Awareness tentang geospasial itu sudah ada di Provinsi Kalsel. Kalsel adalah salah satu provinsi terbaik di Indonesia karena telah berhasil menyabet Bhumandala Award selama empat kali yaitu pada tahun 2016, 2018, 2020 dan 2021. Saya ikut berdoa, insya Allah Kalsel akan mendapatkan Bhumandala Award yang ke lima di tahun 2022,” sampainya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitan dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Ariandi yang juga selaku Ketua Pelaksana Geospasial Banua Award tahun 2022 ini menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 32 SKPD Lingkup Pemprov Kalsel serta 13 pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel.

“Rangkaian kegiatan telah dilaksanakan sejak bulan Mei 2022, tim pelaksana dan tim dewan juri telah melakukan penilaian tahap 1 dan 2 terhadap kinerja simpul jaringan informasi geospasial pada 13 kabupaten kota dan 32 SKPD, dan telah ditetapkan 6 pemenang di masing-masing kategori,” paparnya.

Ke enam pemenang di Kategori SKPD Pemprov Kalsel, berurutan dari Juara Satu hingga Juara Harapan Tiga adalah, Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Dinas Sosial.

Sedangkan enam pemenang di kategori pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel, berurutan dari Juara Satu hingga Juara Harapan Tiga adalah, adalah Pemkab Tabalong, Pemko Banjarmasin, Pemkab Kotabaru, Pemkab Hulu Sungai Selatan, Pemko Banjarbaru dan Pemkab Balangan.

Seluruh piala dan piagam penghargaan diserahkan oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurul Fajar Desira yang didampingi oleh Sekretaris Umum BIG, Muhtadi Ganda Sutrisna, Ketua Pelaksana Geospasial Banua Award tahun 2022, Ariadi, serta Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Supian HK.

Malam penganugerahaan ini dihadiri setidaknya 120 peserta yang berasal dari instansi dan lembaga pusat, Kepala SKPD Lingkup Pemprov Kalsel, Bupati/Walikota se-Kalsel hingga Bappelitbangda 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *