Gelar Lomba Talintingan, Cara Pemkab Tabalong Lestarikan Tradisi Begarakan Sahur

Pemkab Tabalong gelar lomba Talintingan 'Bagarakan Sahur' (foto : arif/koranbanjar.net)

Bagarakan Sahur sudah menjadi tradisi kearifan lokal masyarakat saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

TABALONG, koranbanjar.net – Guna melestarikan kearifan lokas tersebut, Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar lomba Talintingan di Halaman Gedung Saraba Kawa, Selasa (19/03/2024) malam.

Kegiatan talintingan ini secara langsung dibuka sekaligus dilepas oleh pelaksana harian (Plh) Bupati Tabalong, Hamida Munawarah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tabalong mengatakan, setidaknya ada puluhan grup yang mengikuti kegiatan ini.

“Peserta diikuti terdiri dari 25 grup yang masing-masing perwakilan reamaja masjid se-Tabalong, sanggar seni, komunitas seni budaya, pelajar hingga masyarakat umum,” katanya.

Sementara itu plh Bupati Tabalong, Hamida Munawarah menjelaskan ini sebagai upaya menjaga khasanah budaya lokal yang pada masa lalu pernah menjadi kebanggaan masyarakat.

“Ini supaya budaya lokal tidak punah begitu saja karena tergeser oleh tradisi dan kesenian modern,” jelasnya.

Diharapkannya, kegiatan talintingan ini dapat memperkenalkan tradisi kepada generasi penerus sehingga dapat budya lokal dapat dilestarikan.

“Kegiatan seperti ini kita dapat menghadirkan keceriaan dan juga memupuk semangat dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Budi Sanjaya, Kasi Intel Kejari Tabalong Muhammad Fadhil serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Tabalong.

(anb/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *