Gedung SKB Cempaka Diduga Terbengkalai

oleh -154 views
KESAN TERBENGKALAI – Dari pemandangan halaman depan saja, gedung SKB ini sudah sangat terkesan terbengkalai, Jumat (28/12). (Foto: mj-031/koranbanjar.net)

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Entah karena apa, yang jelas sebuah bangunan gedung yang pembangunannya pada tahun 2009 lalu difungsikan oleh Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru untuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), yang berada di Jalan Getah Tunggal Gunung Kupang, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, kini diduga terbengkalai.

Berdasarkan data yang diperoleh koranbanjar.net dari beberapa dokumentasi pada gedung SKB tersebut, Jumat (28/12/2018), gedung SKB itu diresmikan pada tahun 2009, yang kemudian beralih status menjadi Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) SKB Banjarbaru.

Dari pantauan langsung koranbanjar.net, tidak ada sama sekali kegiatan belajar-mengajar maupun rutinitas sehari-hari di kantornya. Bahkan gedung ini sangat kotor dan tidak terawat sama sekali.

Pemandangan tak terawat dalam gedung ini diperparah dengan adanya sejumlah berkas, buku-buku, dan sebelas unit bangkai komputer yang dibiarkan berantakan.

Ruangan yang dulunya digunakan untuk kursus komputer bagi para siswa SKB (Foto: mj-031/koranbanjar.net)

Dari informasi yang diperoleh koranbanjar.net, dulunya, sejumlah komputer tersebut dipakai untuk keperluan kursus komputer bagi para siswa SPNF-SKB.

Namun ironisnnya, kini beberapa ruangan belajar dari bangunan SPNF-SKB tersebut justru digunakan untuk tempat tinggal oleh seorang Satpam SPNF-SKB Banjarbaru bersama seorang istri dan satu anaknya.

Menurut pengakuan Rika (35), istri Satpam SPNF SKB Banjarbaru, ia bersama keluarganya sudah tiga tahun menempati gedung SPNF-SKB di Jalan Getah Tunggal Gunung Kupang ini.

Salah satu ruangan yang digunakan Rika bersama keluarganya untuk kamar tidur. (Foto: mj-031/koranbanjar.net)

“Kami sudah tiga tahun tinggal di sini, karena gedung ini sudah tidak difungsikan lagi sebagai Sanggar Kegiatan Belajar. Oleh karena itu Kepala Sekolah SKB menyuruh kami tinggal di gedung ini untuk menjaganya,” ungkap Rika kepada koranbanjar.net.

Menurut salah seorang warga setempat, Mira (38), yang tinggal tak jauh dari SKB, gedung SKB tersebut kini memang sudah lama tidak digunakan lagi.

“Dulu cuman sempat digunakan hanya beberapa waktu setelah bangunannya selesai dibuat, setelah itu tidak pernah lagi digunakan,” ujar Mira.

Diketahui, kini kegiatan belajar SPNF-SKB di Jalan Getah Tunggal Gunung Kupang itu dipindahkan ke gedung yang berada di Jalan Rambai Timur, Kelurahan Guntung Paikat, Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Namun, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui alasan pemindahan fungsi gedung SKB tersebut,

Saat dikonfirmasi, koranbanjar.net tidak mendapat jawaban dari Kepala SPNF-SKB Banjarbaru, Sukardiyono, yang dihubungi melalui telepon, Jumat malam ini tadi. (mj-031/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan