Baznas

Forkopimda Kalsel Saksikan Peluncuran ASAP Digital Nasional

  • Bagikan
Ketua DPRD Kalsel H Sofian HK bersama Forkopimda Kalsel pada peluncuran aplikas ASAP Digital, Rabu (15/9/2021). (Sumber Foto: Humas DPRD Kalsel)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) DR. (HC) H. Supian HK, SH, MH bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri peluncuran ASAP Digital Nasional, yang digelar secara virtual pada Rabu (15/9/2021)

BANJARMASIN,koranbanjar.net – ASAP Digital atau Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Digital Nasional, adalah langkah pencegahan terhadap pengendalian karhutla, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo,

“Saya tegaskan untuk jangan terlambat, karena kalau sudah terlambat, sebanyak apapun kita water booming api, kebakaran hutan akan susah kita padamkan, sekali lagi upayakan pencegahan,” cetus Presiden.

BACA:  Anggota DPRD Kalsel, Rosehan NB Meminta Pemkab Batola Perhatikan Jalan Permukiman di Handil Bakti

Asap Digital Nasional yang diluncurkan langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo ini, dapat digunakan juga untuk memantau potensi bencana alam, seperti disampaikannya saat membuka acara.

Menurutnya Asap digital Nasional Ini nantinya diharapkan dapat mengoptimalkan langkah pencegahan terhadap potensi bencana.

“Karena aplikasi ini dapat menangkap data-data di lapangan secara real time dari tangkapan CCTV yang disebar di titik – titik rawan di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

BACA:  Dua Utusan DPRD Kalsel Hantarkan Aspirasi Mahasiswa ke Setneg

Memorandum of Understanding (MoU) aplikasi ASAP Digital Nasional ini ditandatangani oleh POLRI, TNI, Kementrian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Telkom Indonesia.

Diakhir acara, Kapolri bersama stakeholders melaksanakan simulasi perdana aplikasi ASAP Digital Nasional untuk memastikan aplikasi berjalan dengan baik. (humasdprdkalsel/dya)

(Visited 24 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 24 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *