Final IBL: Satria Mentereng Ketimbang Pelita

Final IBL antara Satria Muda vs Pelita Jaya. (antara/suara)

Pelita Jaya Bakrie Jakarta akan menghadapi Satria Muda Pertamina Jakarta dalam partai final Liga Bola Basket Indonesia (IBL 2021). Final musim ini kembali menggunakan format best-of-three atau pemenang akan dinobatkan untuk tim yang memenangi dua gim.

KORANBANJAR – Seperti rangkaian playoff IBL lainnya musim ini, babak final Satria Muda versus Pelita Jaya akan dimainkan di Mahaka Square Arena, Jakarta, kebetulan merupakan markas dari Satria Muda.

Gim pertama dijadwalkan berlangsung Kamis (3/6/2021) lantas diikuti gim kedua sehari kemudian. Jika belum ada tim yang memenangi dua laga, maka gim ketiga akan dimainkan pada Minggu (6/6/2021).

Berikut data dan fakta final IBL 2021 antara Pelita Jaya vs Satria Muda:

– Sejak liga bola basket Indonesia memasuki era profesional pada 2003, Satria Muda sudah mengoleksi sembilan gelar juara, sedangkan Pelita Jaya satu kali juara.

– Kedua tim sama-sama tampil dalam empat dari lima edisi final terakhir liga, termasuk edisi pemungkas era NBL pada 2014/15 minus IBL tahun lalu yang tidak rampung karena pandemi COVID-19, di mana Satria Muda meraih dua trofi juara dan Pelita Jaya sekali.

– Ini akan menjadi pertemuan keempat bagi kedua tim di final liga, sejak era Kobatama, yang semuanya terjadi dalam tujuh musim terakhir.

– Dari tiga final sebelumnya itu, Satria Muda menang dua kali dan Pelita Jaya sekali.
– Kedua tim sama-sama memimpin klasemen akhir divisi masing-masing. Satria Muda dengan catatan 14 kemenangan dan dua kekalahan (14-2) di Divisi Putih dan Pelita Jaya (15-1) di Divisi Merah.

– Satu-satunya kekalahan Pelita Jaya musim ini datang dari pertandingan melawan Satria Muda yang berkedudukan 54-67 dalam Seri II musim reguler di gelembung Robinson Resort, Bogor, pada 23 Maret.

– Hasil fase reguler itu membuat Satria Muda mengungguli Pelita Jaya 3-2 dalam catatan lima pertemuan terakhir, termasuk di dua musim sebelumnya saat IBL masih memperbolehkan penggunaan pemain asing.

– Kedua tim melangkah ke final dengan relatif mudah setelah mengalahkan lawan masing-masing dua gim langsung, yakni Pelita Jaya atas Louvre Dewa United Surabaya dan Satria Muda atas West Bandits Solo.

– Kapten Pelita Jaya, Andakara Prastawa Dhyaksa, merupakan pemimpin daftar top steal IBL 2021 dengan rataan 2,41 steal per gim. (suara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *