Fikri Pesimis Terhadap Kader Demokrat Tetapi Condong Kelain di Pilkada Kalsel 2020

BANJARMASIN,KORANBANJAR.NET – Kendati Ketua Partai Demokrat Kalsel Rusian memberikan sinyalemen berniat mengusung kadernya dan anggota DPD RI Habib Abdurahman Bahasyim atau Habib Banua untuk maju di Pilgub Kalsel 2020, tak serta merta diamini Majelis Partai Daerah(MPD) Partai Demokrat Kalsel. Ketua MPD Partai Demokrat Kalsel Haji Fikri mengemukakan pendapat yang agak berbeda mengenai kader partainya yang berlaga di Pilkada Kalsel 2020 mendatang.

Ia mengatakan sangat pesimis terhadap langkah yang dilakukan oleh ketua DPD Partai Demokrat, Rusian untuk mengusung Habib Abdurrahman Bahasyim maju berlaga di Pilgub Kalsel 2020.

Hal ini Ia sampaikan saat dihubungi melalui via telepon, Sabtu (15/06/2019) pukul 09.00 Wita saat berada di Banjarmasin.

Alasan yang ia ungkapkan kepada koranbanjar.net adalah mengingat kondisi demokrasi saat ini serta perolehan kursi di DPRD Kalsel kurang dari satu fraksi.

“Kita kemungkinan hanya mendukung saja, lalu kepada siapa dukungan diberikan?,” ujar Fikri seolah bertanya.

Menurutnya dari pengalaman memimpin Partai Demokrat di Kalimantan Selatan, jika ada incumbent (pemegang jabatan) yang akan maju kembali pada Pilkada Kalsel 2020, maka anggota DPRD Provinsi periode 2014 -2019 ini mengatakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) akan melirik incumbent dalam acuan menentukan rekomendasi dukungan.

Namun anggota legislatif Provinsi Kalsel yang baru saja datang mudik dari ibukota ini tetap memberikan apresiasi kalau ada kader Demokrat yang ingin maju.

“Kita realistis saja, tetapi kemungkinan besar pada pilkada nanti, kalau toh ada kader demokrat yang ingin maju, saya apresiasi sekali,” ucapnya.

Walau demikian penentuan rekomendasi sepenuhnya adalah kewenangan DPP dalam hal ini hasil keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Sebelumnya, satu hari yang telah lewat tersiar kabar Partai Demokrat Kalimantan Selatan bakal ikut berlaga pada Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 dengan mengusung kadernya Habib Abdurrahman Bahasyim atau yang sering dipanggil Habib Banua.

Hal ini diyakinkan dengan pernyataan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai SBY tersebut, Rusian. Kepada media dengan terang menyampaikan Demokrat tidak mau ketinggalan kereta dalam pertarungan Pilkada 2020 dengan memasang kader yang sudah mereka tentukan.(al)

BeritaTerkait