oleh

Festival Jukung Hias Menjadi Tontonan Ribuan Massa

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Malam puncak Hari Jadi ke 492 Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar perayaan Festival Jukung Tanglong atau disebut Jukung Hias, Sabtu malam (22/09/2018).

Acara yang dilaksanakan di Siring Menara Pandang Jalan Kapten Piere Tendean Banjarmasin tengah Kota Banjarmasin tersebut disaksikan ribuan masyarakat yang memenuhi sepanjang Siring Piere Tendean dan Siring Jendral Sudirman, yang datang dari berbagai desa di seluruh kelurahan dan kecamatan di wilayah Kota Banjarmasin.

Walikota Ibnu Sina mengungkapkan kepada wartawan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya sungai dan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Kota Banjarmasin.

“Bukan hanya di siang hari tetapi di malam hari pun masyarakat bisa menikmati hiburan di Sungai Martapura ini,” ungkapnya.

Menurut Ibnu partisipasi masyarakat dalam menyaksikan dan memeriahkan Festival Jukung Tanglong harus dipertahankan dan terus ditingkatkan.

“Apalagi tahun depan berbarengan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang mana Kalimantan Selatan dipilih sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Festival Jukung Hias menampilkan 10 karya hiasan dari berbagi ikon milik BKKBN dan 20 karya dari masyarakat umum baik yang bermesin maupun yang tidak bermesin. Juga ada hasil karya yang cukup kreatif yaitu memanfaatkan botol-botol plastik bekas minuman seperti aqua dan lain sejenisnya hingga membentuk ikon dan  makin menambah unik dan gemerlapnya Jukung Hias Tanglong tersebut.

“Kreasi masyarakat yang sangat luar biasa ini harus terus dikembangkan demi mewujudkan Banjarmasin Kota Sungai berbasis Ekonomi dan Smart City” pungkas Ibnu. (al/sir)

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: