oleh

Festival Jukung Hias Menjadi Ikon Harjad Banjarmasin

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Sebanyak kurang lebih 30 puluh jukung (perahu kecil) dengan berbagai macam dekorasi tanglong  telah berseliweran di bantaran Sungai Martapura. Kegiatan ini serangkaian dengan Hari Jadi ke 492 Kota Banjarmasin.

Acara ini digelar di depan Siring Menara Pandang jalan Jalan Kapten Piere Tendean, Banjarmasin tengah Kota Banjarmasin, Sabtu (22/09/2018).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banjarmasin Muhammad Ihsan Al Haq kepada wartawan menerangkan bahwa sungai merupakan bagian peradaban Banjarmasin yang nanti akan dijadikan pentas seni dan budaya untuk menjembatani persahabatan antar bangsa di dunia.

“Akan kita wujudkan nanti pentas seni dan budaya untuk menjembatani persahabatan antar bangsa di dunia dan itu adalah mimpi dan visi kita ke depan,” terang Ihsan.

Melalui acara Festival Jukung Hias ini, maka menurut Ihsan impian-impian itu akan terwujud.

Juga ditambahkan Kepala Bidang Kebudayaan Kota Banjarmasin, Zufaisal bahwa kegiatan ini atas partisipasi Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Banjarmasin yang menampilkan 10 karya jukung hias dari berbagai macam ikon.

Dan ia mengatakan, perayaan Festival Jukung Tanglong yang sebagian berhiaskan ikon dunia tersebut sangat jauh berbeda dengan perayaan Jukung Hias Tanglong tahun sebelumnya.

“Pada tahun ini temanya adalah dunia di atas Sungai Martapura dan menampilkan 10 Jukung Hias Tanglong dari BKKBN dan 20 Jukung Hias dari masyarakat. Hadiah yang diperebutkan sebanyak dua kali lipat dari tahun sebelumnya,tahun kemaren juara 1 mendapatkan uang Rp10 juta, tahun sekarang 2018 juara 1 mendapatkan Rp20 juta,” jelas Zufaisal dengan singkat.

Festival Jukung Hias Tanglong dihadiri Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Wakil Walikota Hermasyah, Dandim1007 Teguh Wiratama, Danlanal Wijayanto, Kajari Banjarmasin Taufik, Satya Diputra dan para anggota Forum Kordinasi, Pelaksana Harian Sekertaris Daerah Kota Banjarmasin serta Staf Ahli dan  Asisten Walikota Banjarmasin.(al/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: