oleh

Enam Alasan Mengunjungi Pantai Angsana

TANAH BUMBU, koranbanjar.net – Bagi yang suka wisata bahari, Pantai Angsana patut dikunjungi. Terletak di Desa Angsana, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis.

Selain itu, Pantai Angsana juga memiliki air laut dengan warna biru yang khas. Maklum, tak semua pantai yang menjadi destinasi wisata di Kalsel memiliki air laut berwarna biru.

Dari poros Jalan Trans Kalimantan, Desa Angsana, perjalanan menuju Pantai Angsana relatif dekat. Jaraknya hanya sekitar 8 kilometer melalui perkebunan sawit.

Jangan khawatir, saat ini kondisi jalannya sudah sepenuhnya beraspal. Petunjuk arah menuju pantai pun terpasang jelas pada beberapa titik di pinggir jalan saat melewati perkebunan sawit.

Sedangkan dari Kota Banjarmasin, perjalanan menuju Pantai Angsana memakan waktu kurang lebih 5 jam dengan menggunakan kendaaraan roda 2 maupun roda 4 berbagai jenis.

Di pantai ini, para wisatawan memiliki beberapa pilihan tempat dan tujuan. Apa saja yang dapat dinikmati di Pantai Angsana? Enam poin di bawah ini bisa menjadi alasan Anda untuk mengunjungi Pantai Angsana.

  1. Sunset dan sunrise di Pantai Angsana

Bagi Anda penikmat matahari tenggelam ataupun matahari terbit, Pantai Angsana wajib Anda kunjungi. Posisi matahari tenggelam yang tepat berada di garis bibir pantai menjadi ciri khas pemandangan senja di Pantai Angsana.

Sebaliknya, saat pagi hari, matahari terbit muncul di garis bibir pantai sisi sebelah timur. Kedua momen tersebut bakal membuat liburan Anda di Pantai Angsana menjadi sangat berkesan.

Sunset di Pantai Angsana. (foto: donny irwan/koranbanjar.net)
  1. Eksplorasi Bawah Laut

Jika Anda suka mengeksplorasi keindahan bawah laut, Pantai Angsana adalah tujuan tepat. Sebab, setidaknya terdapat tiga spot snorkeling yang menjadi primadonanya Pantai Angsana, yakni Batu Anjir, Sungai Dua Laut, dan Karang Kima.

Ketiganya menawarkan keindahan pemandangan bawah laut berupa terumbu karang, ikan-ikan kecil serta biota laut lainnya. Keberadaan wisata snorkeling inilah yang paling kerap menjadi tujuan dan alasan utama para wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi Pantai Angsana. Terlebih bagi mereka yang memang menyukai aktivitas menyelam.

Dari pantai, tiga lokasi tersebut dapat dituju dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu yang disediakan warga setempat. Biaya sewa perahu pulang pergi menuju lokasi menyelam dipatok dari harga 350 ribu rupiah (PP). Perahu yang tersedia rata-rata berkapasitas 8 sampai 10 orang.

Bagi Anda yang ingin menyelam namun tak memiliki alat snorkeling, jangan khawatir. Selain perahu, warga setempat juga menyediakan alat snorkeling. Satu set alat snorkeling berupa masker, snorkel, life jacket, disewakan mulai dari 30 ribu rupiah sampai 50 ribu rupiah.

Jika tak ingin repot, sewa saja langsung perahu dengan peralatan snorkelingnya. Jumlah peralatan yang ingin disewa tinggal disesuaikan dengan jumlah rombongan Anda.

Informasi ini merekomendasikan Anda menyelami ketiga lokasi yang ada. Namun harus diingat, jangan sampai aktivitas menyelam Anda mengganggu atau bahkan malah merusak ekosistem yang ada. Sebab, tiga lokasi snorkeling tersebut berada di tempat dangkal yang sebagian terumbu karangnya sudah menjadi karang. Bagian tubuh yang mengenai karang saat berenang tentu bisa melukai kulit. Pengunjung yang tak berhati-hati juga kerap tak sengaja mematahkan karang yang ada di sana.

  1. Liburan Keluarga

Pantai Angsana juga cocok untuk destinasi liburan keluarga. Anda bisa mengajak keluarga bermain dan berenang di pantainya. Jika ingin lebih seru, Anda bersama keluarga bisa menaiki banana boat yang disewakan warga setempat.

Bagi yang membawa anak kecil, pasir pantainya yang halus juga dapat menjadi wahana bermain mengasyikan.

Seorang ibu sedang bermain perahu karet bersama anaknya di Pantai Angsana. (foto: donny irwan/koranbanjar.net)
  1. Bermalam di Pantai

Di Pantai Angsana terdapat satu resort, yakni MP Resort Angsana Beach. Selain resort, MP Resort Angsana Beach juga mempunyai cottage, homestay, dan fasilitas penunjang lainnya. Harga menginap yang ditawarkan mulai dari lima ratus ribuan rupiah per malam.

Jika ingin lebih ekonomis, tenang. Di sekitar Pantai Angsana juga terdapat penginapan milik warga setempat. Ada berbagai ukuran dan kapasitas kamar penginapan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Harga yang ditawarkan rata-rata hanya 50 ribu rupiah per orang untuk satu malam. Setiap kamar sudah difasilitasi jaringan listrik serta kamar mandi dan WC di luar kamar.

  1. Spot Foto

Momen matahari tenggelam maupun matahari terbit yang eksotis di Pantai Angsana bisa menjadi latar belakang yang ciamik di setiap foto Anda. Titian yang menjorok beberapa puluh meter ke laut dari bibir Pantai Angsana juga dapat menjadi spot foto menarik.

Selain itu, berfoto di atas pasir pantainya yang halus dengan deburan ombak setiap saat, tentu merupakan momen yang bagus untuk difoto. Pada intinya, berfoto saat berwisata tergantung sejauh mana Anda mengeksplorasi tempat wisata itu.

  1. Biaya masuk

Biaya masuk Pantai Angsana relatif murah. Satu lembar karcis retribusinya dihargai 6 ribu rupiah per orang. Itu sudah termasuk asuransi pengunjung. Sedangkan untuk parkir mobil, 5 ribu rupiah.

Nah bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Pantai Angsana? (dny)

Komentar

Jangan Lewatkan