Duuh…, Sepanjang Jalan Melati tanpa PJU, Padahal sangat Sepi

MARTAPURA – Sungguh Ironi. Kawasan Jl. Melati Sungai Kamal (Desa Pandak Daun) Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar ini belum mendapatkan Penerangan Jalan Umum (PJU). Padahal Jl.Melati Sungai Kamal (Desa Pandak Daun ) ini menjadi akses utama untuk menuju Martapura Kota bagi penduduk di Kecamatan Karang Intan atau sebaliknya.

Kawasan ini termasuk jalan sepi, karena tidak ada rumah penduduk yang bermukim di samping ruas Jl. Melati Sungai Kamal Desa Pandak Daun Kecamatan Karang Intan ini, ditambah dengan tidak adanya penerangan jalan umum tentunya ini menjadi wilayah rawan begal atau rampok, pastinya rawan kecelakaan lalu lintas.

Sekretarus Kecamatan Karang Intan, M Syahruzi saat ditemui wartawan koranbanjar.net memaparkan, bukan hanya Jl. Melati Sungai Kamal yang mengalami masalah PJU, tetapi wilayah Karang Intan, tepatnya dari Polsek hingga ke arah Simpang Tiga Desa Padang Panjang juga minim PJU.

Dia juga mengakui, ketiadaan PJU di kawasan tersebut sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

“Karena juga rawan keamanan saat melintas pada waktu malam. Untuk menuju Karang Intan ini ‘kan sebagian ada jalan sepi, apalagi ke arah pertigaan Desa Padang Panjang,” tuturnya.

PJU di kawasan tersebut pun masih sangat kurang. “Ku lihat penerangan untuk lampu jalan Karang Intan kayaknya masih kurang, karena kulihat itu penerangan biasa saja ini hasil dari swadaya masyarakat, bukan pasangan standar Dishub,” tuturnya.

Penerangan Jalan Umum yang berada di wilayah karang intan ini sebagian dari swadaya masyarakat dan sebagian dari Dishub. Kalau penerangan dari Dishub dari batas desa Jingah Habang sampai Kecamatan Karang Intan ini pun hampir-hampir tidak ada yang permanen sesuai standar PJU sekarang.

Selain kendala soal PJU Kecamatan Karang Intan Kabupaten banjar ini juga merasakan minimnya rambu-rambu lalu lintas menuju Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, mengingat di sana juga ada sekolahan, kantor pelayanan kesehatan, Pasar Karang Intan, selain kantor kecamatan.

“Harapan saya mudah-mudahan lah secepatnya diberikan penerangan jalan, di samping jalannya rusak serta minimnya rambu-rambu lalu lintas,” tutur Kasi Bina Usaha di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar ini.(zdn)