oleh

Dulunya hanya “SMA 2 Tahun”, Kini Dokter Cantik Kelahiran Kotabaru ini Menasional

BANJRMASIN, KORANBANJAR.NET – Pemilik Widya Esthetic Clinic, Dokter Ayu Widyaningrum, lahir di Kotabaru, Kalsel, pada 12 Agustus 1990. Dia dilahirkan dari keluarga sederhana. Ayahnya bahkan tidak lulus SD, dan ibunya tidak lulus SMP.

Kendati demikian, hal tersebut tak membuat dokter berparas ayu ini lantas memiliki kehidupan seadanya. Keadaan orangtuanya yang demikian justru membuat wanita yang akrab disapa Ayu Widya itu rajin dan tekun dalam mengejar pendidikan serta cita-citanya.

Dia mengawali pendidikan dasarnya di SDN 1 Kelumpang Hilir Kotabaru dan lulus pada tahun 2002. Kemudian Ayu kecil melanjutkan sekolahnya ke SMPN 1 Kelumpang Hilir Kotabaru. Setelah lulus SMP tahun 2005, Ayu bersama orangtuanya hijrah ke Banjarmasin.

Sejumlah penghargaan nasional yang pernah diraih Dokter Ayu dengan klinik kecantikannya. (foto: donny irwan/koranbanjar.net)

Ayu kemudian mendaftar dan masuk di salah satu sekolah terfavorit dan sarat prestasi di kota seribu sungai, SMA 1 Banjarmasin. Namun di sekolah yang bisa disebut sebagai tempat pendidikan paling prestisius di Kalsel itu, Ayu menjalani sekolahnya tak sampai tiga tahun. Bukan lantaran tertahan tak naik kelas atau tidak lulus, tapi Ayu justru mampu menyelesaikan masa pendidikannya berseragam putih abu-abu hanya dalam dua tahun.

Bintang kelas asal Kotabaru itu berhasil lulus pada 2007 di kelas akselerasi angkatan V di SMAnya itu. Ini terungkap dalam acara halal bihalal para alumni kelas akselerasi angkatan V SMA 1 Banjarmasin, yang difasilitasi Dokter Ayu sendiri, bekerja sama dengan koranbanjar.net, di Hotel G’Sign Banjarmasin, belum lama tadi.

“Kami (alumni kelas akselerasi angkatan V SMA 1 Banjarmasin) semuanya memohon maaf dan ampun kepada bapak dan ibu guru karena kenakalan kami, atau bahkan juga sering menzalimi guru-guru kami di masa sekolah dulu,” ujar Ayu Widya di hadapan teman seperjuangan dan sejumlah guru SMA 1 Banjarmasin saat halal bihalal.

Setelah lulus SMA, Ayu muda meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi di Fakultas Kedokteran Universaitas Lambung Mangkurat (ULM), dan langsung melanjutkan Studi S2 Manajemen di universitas yang sama, hingga lulus di tahun 2013.

Ayu Widya (duduk di tengah depan pakai kerudung hitam) berfoto bersama teman sealumninya serta sejumlah guru SMA 1 Banjarmasin saat halal bihalal. (foto: donny irwan/koranbanjar.net)

Meski sudah bertitel dokter dan magister manajemen, Ayu tidak lekas puas. Dengan alasan tak mau jadi dokter spesialis, wanita cerdas ini kemudian mengambil pendidikan bidang aesthetic and antiaging medicine di Jakarta, bahkan hingga ke Eropa, Hongkong, Korea, Thailand, Singapura, Malaysia.

Tak selesai hanya di situ, untuk mengambil pendidikan master di bidang aesthetic dermatology tingkat master, Ayu kemudian berangkat ke Paris, Perancis.

Dari berbagai pendidikan tersebut, Ayu berhasil memperoleh dua gelar master sekaligus. Pertama dari Kedokteran Estetik Akademi Amerika (AAAM), dan kedua dari Dewan Internasional Kedokteran dan Bedah Estetik (IBAMS). Dirinya kemudian dikenal sebagai ahli antiaging.

Selain itu, di usianya yang saat ini belum genap 29 tahun, Ayu dengan Widya Esthetic Clinicnya juga telah mendapat segudang penghargaan nasional. Akhir-akhir ini dirinya bahkan kerap tampil di berbagai acara talk show dan info selebriti dari sejumlah program televisi nasional. Dokter yang mempunyai hobi berdandan sejak kecil itu juga sering menjadi model untuk cover sejumlah majalah ternama.

Saat ini, Ayu Widya bersama dua anak dan suaminya berdomisili di Banjarmasin. Pemilik wajah fotogenik itu telah memilih mengakhiri masa lajangnya saat ia masih bersatus mahasiswa kedokteran di ULM. Dia dinikahi Edwin Asia Mail, pria asal Pelaihari yang sempat satu almamater dengannya saat di ULM. Klinik kecantikan Dokter Ayu berada di Jalan Mahligai KM 7,5, Pemurus Luar, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalsel. (dny)

Komentar

Berita Terkini