Dukung Kebijakan Walikota, Paket Kurban PDIP Kalsel Gunakan Bakul Purun

  • Bagikan
PDIP Kalsel gunakan bakul purun untuk bagikan daging kurban. (foto: ist)
PDIP Kalsel gunakan bakul purun untuk bagikan daging kurban. (foto: ist)

Ada yang unik dalam perayaan Idul Adha 1442 H oleh DPD PDI Perjuangan Kalsel, yakni paket hewan kurban dikemas menggunakan bahan ramah lingkungan dan bernilai ekonomi kreatif, yakni bakul purun.

BANJARMASIN, korabanjar.net –  Kepala Sekretariat DPD PDIP Kalsel, Fazlur Rahman mengatakan hal ini berkenaan dengan anjuran Walikota Banjarmasin untuk tidak menggunakan plastik sebagai kemasan pembagian daging kurban.

“Sesuai instruksi Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri untuk lebih mencintai alam serta imbauan Walikota Ibnu Sina, maka sudah 2 tahun ini pelaksanaan pembagian daging kurban, kami tidak menggunakan kantongan kresek plastik dan menggantinya dengan tas anyaman purun yang merupakan kearifan lokal Banjarmasin”, ujar Fazlur.

Selain itu disebutkan pula bahwa ini merupakan tanggung jawab semua kepada lingkungan sekaligus bentuk dukungan kepada Walikota Banjarmasin untuk terus konsisten mengampanyekan pengurangan penggunaan bahan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

“Wajar kami mendukung program Walikota Banjarmasin ini, karena kami juga parpol pengusung beliau waktu Pilkada”, tambah Sekretaris DPD PDIP Kalsel, M. Syaripuddin.

Dikatakan, menggunakan bakul purun juga diharapkan memiliki animo yang positif, selain ramah lingkungan, juga membawa manfaat ekonomi bagi pengrajin bakul purun.

“Kami berharap ekonomi kerakyatan juga membaca peluang dari hal seperti ini, sudah saatnya kita gotong-royong dalam memajukan kesejahteraan”, pungkas pria yang akrab disebut Bang Dhin.

DPD PDI Perjuangan Kalsel sendiri melaksanakan penyembelihan 7 ekor sapi dan 1.000 paket kurban yang dibagikan kepada masyarakat fakir miskin serta lingkungan kantor partai yang terletak di Jalan A.Yani Km.5,7 Banjarmasin.

Semua sapi tersebut merupakan sumbangan dari kader partainya yakni Mardani H. Maming (Ketua DPD PDIP Kalsel), M. Syaripuddin (Sekretaris DPD PDIP Kalsel yang juga Wakil Ketua DPRD Prov Kalsel), H.M.Rifqi Karsayuda (Anggota DPR RI).serta hasil sumbangan dari tokoh penting PDIP Kalsel lainnya.(yon/sir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *