DPD PPNI Kabupaten Banjar luncurkan Inovasi Jamban Tripikon-S

oleh -191 views
DPD PPNI Kabupaten Banjar luncurkan Inovasi Jamban Tripikon-S
Sanitarian Madya Rosmani UPT Puskesmas Martapura 1. (foto: asfi/koranbanjar.net)

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Peringati HUT ke-45 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPNI Kabupaten Banjar gelar Aksi dan Bhakti Sosial, di Desa Bincau Muara, Martapura, Selasa (2/4/2019).

Adapun kegiatan Aksi dan Bhakti Sosial antara lain pembongkaran jamban apung dan diganti menggunakan teknologi tepat guna tripikon-s, serta pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal.

Menurut Kepala Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Banjar Raziansyah menuturkan, pembongkaran jamban apung salah satu kegiatan yang dimiliki oleh PPNI yang senada dengan program Bupati Banjar, guna meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan, khususnya di bidang sanitasi.

“Jadi dilaksanakannya pembongkaran jamban, sebagai wujud dukungan kami kepada program Bupati Banjar yaitu Pembongkaran Jamban Apung, guna mewujudkan Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah,” tutur Raziansyah.

Selain itu, tambahnya, tidak hanya melaksanakan pembongkaran jamban apung, juga dilaksanakan inovasi percontohan yaitu yaitu peluncuran teknologi tepat guna (TTG) Jamban Tripikon-S, atau jamban menggunakan tiga pipa safetic sehingga pemanfaatannya masih seperti jamban pada biasanya, namun bakteri dan kotoran tidak mencemari lingkungan khususnya sungai.

“Dengan adanya jamban Tripikon-S ini diharapkan dapat mengurangi penyakit yang diakibatkan oleh pencemaran sungai tersebut. Sehingga terwujudlah program PPNI, Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat,” pungkasnya

Sementara itu UPT Puskesmas Martapura 1 Sanitarian Madya Rosmani menjelaskan, Jamban Tripikon-S merupakan suatu inovasi jamban yang mengunakan teknologi tepat guna tiga pipa safetic, sehingga bakteri, kotoran dan penyakit tidak menyebar.

“Namun tidak merubah suasana penggunaan jamban kepada masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan jamban apung” ujarnya

Kegiatan ini juga dihadiri Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, yang merupakan Abah Perawat Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, Camat Martapura Kota, Sekertaris DPW PPNI Kalsel, M Taufik Hidayat, dan unsur Forkopimda lingkup Kecamatan Martapura Kota. (fia/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan