oleh

Dit Polair Kalsel Amankan 3 Kapal Pengangkut Solar Ilegal, ini Kata Kapolda

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Inspektur Jenderal Yazid Fanani meninjau kapal tanker pengangkut BBM jenis Solar ilegal yang telah diamankan di pelabuhan Dit Polair Polda Kalimantan Selatan yang beralamat di Jalan Teluk Tiram Laut, Kota Banjarmasin, Selasa (02/10).

Dalam paparannya kepada awak media,Yazid menjelaskan secara singkat kronologis penangkapan 3 Kapal Tanker tersebut.

“Telah diketahui bahwa Dit Polair Polda Kalsel telah melakukan penindakan terhadap tiga buah unit Tanker BBM Solar yang diduga ilegal,” kata Yazid.

Penindakan tersebut dilakukan sebanyak 3 kali, yang pertama pada tanggal 19 September 2018 pukul 19.00 WITA yang mana petugas telah berhasil mengamankan satu unit kapal pengangkut BBM (tanker) yang bernama SPOB Bumi Angkasa 01.

“Kapal ini mengangkut Solar sebanyak 16,85 ton atau 16.850 Liter di perairan Sungai Barito Muara Tabunganen, Batola,” imbuhnya.

Kemudian penangkapan yang kedua dilakukan pada tanggal tanggal 20 September 2018 pukul 10.45 WITA dan SPOB Kausar di perairan Aluh-aluh Kabupaten Banjar berhasil diamankan, mereka kedapatan membawa Solar illegal sebanyak 1,9 Ton.

Sedangkan penangkapan yang ketiga terjadi di perairan Muara Sungai Kintap Kabupaten Tanah Laut dengan mengamankan KM Megah Anugerah 05, yang mengangkut Solar sebanyak 5 ton, pada tanggal 24 September 2018 pukul 02.00 WITA.

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai teknis dan langkah-langkah berikutnya yang dilakukan Polda Kalsel, Yazid mengatakan untuk menanyakan (hal itu) kepada para penyidik yang menangani.

“Selanjutnya mengenai teknis dan langkah yang harus diambil, silakan tanyakan pada bagian teknis yaitu penyidik di Dit Polair yang menangani,” pungkasnya sembari berlalu meninggalkan puluhan wartawan yang mengelilinginya.(al/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: