MTQ Nasional Kalsel

Diskominfo Banjar Upayakan Penambahan BTS di Pelosok Daerah Terpencil

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Menyikapi terkait minimnya layanan jaringan telekomunikasi pada pelosok-pelosok daerah di Kabupaten Banjar yang harus segera dituntaskan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Ir Farid Soufian mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mengusulkan perencanaan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dalam program utama terdepan, terluar, tertinggal (3T).

“Kita juga akan terus mengusulkan kepada Kementerian Kominfo untuk minta diprioritaskan dalam program 3T, mengingat masih banyak kecamatan-kecamatan dan desa-desa di pelosok Kabupaten Banjar yang masih tidak dapat menikmati akses internet dengan baik, sehingga perlu difasilitasi dari pusat,” ujarnya kepada koranbanjar.net belum lama tadi.

Ditambahkan Farid, pihaknya tengah mengusulkan daerah-daerah terpencil di Kabupaten Banjar yang memang mengalami blank spot seperti di daerah Paramasan, Sambung Makmur, Aranio, Sungai Pinang dan daerah terpencil lainnya.

“Kita sangat mengapresiasi program pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo yang mendorong pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi. Daerah-daerah yang dirasa masyarakatnya sudah maju namun jaringann internetnya terhalang gunung dan lain sebagainya harus dibantu oleh pusat,” ungkapnya.

Farid menambahkan, usulan pembangunan BTS di dalam program utama 3T masih dalam tahap usulan ke pusat.

Dijelaskan Farid, hal ini dikarenakan kewenangan kabupaten dan kota tidak boleh membangun BTS.

“Kewenangan itu ada pada pemerintah pusat, jadi kita sangat mengharapkan program pembangnan BTS di Kabupaten Banjar bisa direalisasikan, mengingat sangat diperlukan oleh warga,” harapnya.

Untuk diketahui, BTS merupakan sebuah infrastuktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Piranti komunikasi penerima sinyal BTS bisa melaui telepon, telepon seluler, jaringan nirkabel hingga operator jaringan GSM, CDMA atau platform. (sai/dny)