oleh

Dishut Tinjau Budidaya Sereh Wangi di Cibubur

CIBUBUR, KORANBANJAR.NET – Guna mengembangkan budidaya dan pengolahan Sereh Wangi, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel melakukan peninjauan lapangan ke PT. Pemalang Agro Wangi di Cibubur, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Surat Kesepakatan Kerjasama PT. Pemalang Agro Wangi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel tanggal 29 Nopember 2017 lalu.

Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel akan mengembangkan tanaman Sereh Wangi dalam kegiatan Argoforestry dengan sereh wangi (Cymbopogon nardus (L.) Rendle.) sebagai tanaman sela.

Direktur PT. Pemalang Agro Wangi, RA. Eti menyambut baik tindak lanjut dari MoU yang sudah ditandatangani dan segera akan direalisasikan dengan Kontrak Kerja. Sebagai upaya konkret, KTH sudah siap dalam penyiapan lahan dan sudah dilaksanakan verifikasi teknis oleh Kementerian.

“Minyak Sereh Wangi & produk hilirnya (produk lanjut atau produk turunan) memliki potensi bisnis yang prospektif, profitable, favourable sebab Minyak Sereh Wangi digunakan sebagai bahan dasar pembuatan keperluan sehari-hari, seperti Bio additif, sabun, parfum, dan lain-lain. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup petani yang membudidayakan tanaman sereh wangi khususnya, serta menimbulkan multiplier effect pada masyarakat petani,” ujarnya.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: