AdvertorialDinas Kehutanan Kalsel

Dishut Persiapkan Agroforestry di Desa Kulipak

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel terus menggalakkan pembuatan areal agroforestry. Salah satunya yang dilaksanakan KTH Sinar Timur di Kawasan Hutan Produksi Gunung Ilalang Desa Kulipak Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru dengan luas 30 hektare.

Setelah pembukaan lahan selesai dikerjakan, kegiatan dilanjutkan pembuatan pondok kerja yang dilakukan secara bergotong royong oleh anggota kelompok tani.

Selain pembuatan pondok, juga dilaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan ajir. Jumlah ajir yang terpasang tiap hektarnya sebanyak 443 batang dan disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Total 13.290 ajir dipasang di lahan seluas 30 ha. Untuk bibit yang diserahterimakan, sengon sebanyak 12.390 batang dan jengkol sebanyak 2.100 batang.

Penanaman tanaman inti, meliputi jenis sengon dan jengkol telah mulai dilaksanakan pada akhir bulan Nopember sampai dengan sekarang. Untuk tanaman jengkol dan sengon persentase tanam sudah mencapai 100% dengan persentase tumbuh tanaman sebesar 90,35 %. Sedangkan untuk penanaman tanaman tumpang sari jenis padi gunung dengan varian jenis santik sudah mencapai 80 %.(dishutkalsel/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close