,

Dishub Balikpapan Pasang 1.600 PJU untuk Mencegah Kecelakaan Lalin

oleh -823 views
Penerangan Jalan Umum akan dibangun Pemerintah Kota Balikpapan sebanyak 1.600 unit.
Penerangan Jalan Umum akan dibangun Pemerintah Kota Balikpapan sebanyak 1.600 unit.

Dinas Perhubungan Kota Balikpapan akan memasang 1.600 Penerangan Jalan Umum (PJU) pada tahun 2021. Hal demikian dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kasus kriminalitas maupun angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di malam hari.

BALIKPAPAN, koranbanjar.net – Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan, program ini akan menggandeng pihak kelurahan dan kecamatan untuk duduk bersama membicarakan apa saja yang diinginkan warga, sehingga program yang disusun bukan hanya terkait PJU.

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

“Total seluruh kelurahan di Balikpapan mengusulkan 5 ribu pemasangan PJU. Dibagi 4 tahun, sehingga dalam setahun itu minimal 1.250 PJU baru terpasang,” ujarnya.

Rencana pemasangan PJU baru nanti, seiring dengan adanya bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Dishub hanya mendapat mengalokasikan anggaran Rp 4 miliar untuk konstruksi PJU dan Rp 2 miliar untuk biaya perawatan.

Meski tak banyak, Dishub Balikpapan terbantu dengan adanya bantuan keuangan dari Pemprov Kaltim sebesar Rp 12,5 miliar pada 2020 lalu.

Rencananya, bantuan tersebut akan mulai dipergunakan di tahun 2021 untuk pemasangan PJU baru. Sehingga total anggaran Rp 14,5 miliar yang dimiliki tahun ini akan dipergunakan untuk pemasangan PJU baru itu.

“Kalau satu PJU baru lengkap dengan tiang, lampu dan jaringan kabel sekitar Rp 25 juta, dengan anggaran itu kami bisa pasang hingga 1.600 PJU baru,” sambungnya.

Adapun saat ini jumlah PJU di Kota Balikpapan mencapai 13.500 unit. Dishub hampir setiap tahun mendapat usulan pemasangan PJU baru sekitar 1.500 unit.

Kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan hanya mampu menampung 100-200 PJU baru setiap tahun.

Untuk menghemat pengeluaran pemasangan PJU baru, Dishub sudah berkoordinasi dengan PLN, yakni dengan meminta izin untuk memasang lampu PJU di tiang PLN yang belum ada lampunya.(B24/sir)

 

 

 

 

 

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *