Disabilitas Panti Sosial Fajar Harapan Salurkan Hak Suara

Para netra bersiap menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mengikuti pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). (Sumber Foto: iday/koranbanjar.net)

Para disabilitas netra dari Panti Sosial Fajar Harapan Kelurahan Sungai Paring Kabupaten Banjar menyalurkan hak suara Pemilu 2024 di berbagai Tempat pemungutan Suara (TPS) terdekat, Rabu (14/2/2024).

Iday Radban, Martapura

BEBERAPA orang disabilitas netra tampak memasuki mobil Toyota Hiace yang parkir di halaman Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Netra dan Fisik (PRSPDNF) Fajar Harapan di kawasan Jalan A Yani Kelurahan Sungai Paring Kabupaten Banjar, sekitar pukul 10.30 Wita.

Mereka bersiap menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mengikuti pemungutan suara Pemilu 2024.

Ada beberapa unit mobil lagi milik PRSPDNF Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan juga terparkir, siap mengantarkan  rekan disabilitas netra lainnya dengan tujuan serupa menyampaikan hak politik di Pemilu 2024 tersebut.

Tentu saja mendukung kelancaran prosesi penyaluran hak suara ini, mereka didampingi pegawai PRSPDNF atau orang terdekat seperti keluarga.

“ada sekitar 41 orang pemilih dari disabilitas netra di PRSPDNF,” kata Rizki, pegawai PRSPDNF yang juga pendamping.

Dipaparkannya, sebagian menyalurkan hak suara dan jalan kaki ke TPS terdekat, lalu sebagian lagi diantarkan menggunakan mobil kantor.

TPS 09 Jalan Kebun Bunga Kelurahan Sungai Paring Kabupaten Banjar, Rabu (14/2/2024). (Sumber Foto: iday/koranbanjar.net)

Tidak semua disabilitas netra bisa menggunakan hak suara pada lima pencoblosan. Mayoritas adalah mencoblos capres dan cawapres, pemilihan calon anggota DPD RI, dan DPR RI.

“Malah ada yang satu saja yaitu pilpres,” imbuh Rizki, yang ditemui saat mengkoordinir pengantaran.

Mereka atau para disabilitas netra sebanyak 41 orang ini termasuk dalam daftar pemilih tambahan atau DPTb.

Di tempat terpisah, Idrus yang juga seorang penyandang disabilitas netra menyalurkan hak suara Pemilu 2024 di TPS 09 Jalan Kebun Bunga Kelurahan Sungai Paring Kabupaten Banjar.

Dia bersama seorang perempuan yang juga disabilitas netra tampak mengikuti proses pemungutan suara, didampingi seorang lelaki pendamping.

Idrus menyalurkan hak suara memilih capres/cawapres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, dan DPRD Kabupaten Banjar.

“Ada lima kali mencoblos, tapi tidak hapal siapa saja pilihan yang dicoblos. Taunya tadi pilpres pilih Pak Anies dan pilihan lainnya mencoblos para habib,” ucap Idrus, sambil membeberkan alasan kenapa pilih Anies dan habib di Pilpres dan Pemilu 2024. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *