oleh

Dinkes Banjar Siapkan Posko Jalur Perairan

MARTAPURA, koranbanjar.net -Seperti tahun sebelumnya, kali ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar selalu ikut andil dalam kelancaran acara Haul Guru Sekumpul.

Di tahun ini, Dinkes siapkan inovasi baru yaitu membuat Posko Kesehatan di jalur perairan.

Haul ke-15 Guru Sekumpul yang jatuh pada 1 Maret 2020 mendatang, diperkirakan jamaah haul akan bertambah dari tahun sebelumnya.

Dinkes Banjar Siapkan Posko Jalur Perairan
Kadinkes lama Kabupaten Banjar Ikhwansyah. (Foto: humaidi/koranbanjar.net)

Demi menjaga kelancaran haul dan menjaga kondisi kesehatan jamaah, Kepala Dinkes yang lama, Ikhwansyah, akan menyiapkan 100 posko kesehatan yang tersebar di tiap titik dengan jumlah 1200 personel.

“Di lingkungan Sekumpul nantinya, posko kesehatan tersebut akan disebar di semua gang dan juga kami dibantu oleh seluruh Dinkes dari berbagai kabupaten dan kota sehingga posko kesehatan itu akan tersebar dari Banjarmasin sampai Tanjung,” jelas Ikhwansyah yang beberapa hari lalu dipindahkan tugaskan menjadi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Ia juga menambahkan, selain di tempat titik padat jamaah, posko juga ditempatkan di pinggir sungai.

“Dalam hal ini, kami sudah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Martapura Barat dan Martapura Timur, mereka akan menempatkan beberapa posko di pinggir sungai,” tuturnya.

Memudahkan akses evakuasi, selain menyiapkan ambulan, Dinkes juga menyiapkan beberapa perahu karet untuk mobilitas di jalur perairan.

“Saat ini 5 perahu karet sudah disiapkan dan juga akan dibantu oleh dinas terkait di Kabupaten Banjar serta bantuan dari Dinas Kesehatan Kalsel,” ucapnya.

Meskipun Ikhwansyah telah dipindah jabatan, tetapi Kepala baru Dinkes, Diauddin, menyambut baik program telah di susun Kepala Dinkes yang lama, ia juga mempunyai program sama yaitu mensukseskan haul ke-15 Guru Sekumpul.

“Haul Guru Sekumpul ini sudah menjadi rutinitas tahunan, jadi kami akan menjalankan apa yang sudah kepala dinas lama rencanakan, intinya kesuksesan haul menjadi prioritas utama,” tutup Kadinkes baru. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: